BIN Gelar Tes Swab di Sidoarjo, Belasan Orang Positif COVID-19

Kamis, 04 Juni 2020 - 15:17 WIB
loading...
BIN Gelar Tes Swab di Sidoarjo, Belasan Orang Positif COVID-19
Badan Intelijen Negara (BIN) Jatim, melakukan rapid test dan tes swab terhadap warga di kluster baru Sidoarjo. Foto/Ilustrasi
A A A
SIDOARJO - Badan Intelijen Negara (BIN) Jatim, menggelar rapid test dan tes swab di kluster baru penyebaran COVID-19 yang ada di Desa Wonocolo, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo.

(Baca juga: Gempa Sesar Besar Sumatera, Rumah Warga Alami Kerusakan )

Ratusan warga di Desa Wonocolo, dikumpulkan dan langsung menjalani rapid test serta dilanjutkan tes swab. Hasilnya, dalam waktu dua jam ditemukan belasan orang positif COVID-19.

Rapid test dan tes swab yang digelar di area parkir Pasar Taman, Kabupaten Sidoarjo tersebut, merupakan hasil kerjasama BIN Jatim dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Sidoarjo.

Kepala BIN Jatim, Brigjen TNI M. Syafe'i mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar untuk menekan penyebaran COVID-19 di masyarakat. "Ini kami gelar untuk memutus rantai penularan COVID-19 di wilayah Sidoarjo, yang juga berbatasan langsung dengan Kota Surabaya," tegasnya.

Warga yang datang untuk menjalani tes tersebut, langsung didata oleh petugas. Kemudian dilakukan rapid test, dan ketika hasilnya reaktif maka langsung dilanjutkan dengan tes swab di dalam tenda khusus yang telah disediakan.

Hasil dari tes swab tersebut, langsung dapat diketahui beberapa menit usai menjalani tes swab, karena tim dari BIN Jatim langsung mendatangkan Mobile Combat COVID-19 yang berfungsi sebagai laboratorium lapangan.

Belasan warga yang hasil tes swabnya positif terpapar COVID-19, dan kondisinya tidak mengalami gejala klinis, langsung diminta isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sementara yang sakit, langsung dievakuasi ke rumah sakit.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)