Tak Mau Lawan Kotak Kosong, Kades Patahana di OKU Selatan Ajak Istrinya Maju Pilkades

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 21:50 WIB
loading...
Tak Mau Lawan Kotak Kosong, Kades Patahana di OKU Selatan Ajak Istrinya Maju Pilkades
Hindari melawan kotak kosong, calon kepala desa patahana di OKU Selatan, mengajak istrinya maju polkades. Foto/iNews TV/Teddy Hendrawan
A A A
OKU SELATAN - Pasangan suami istri di Kabupaten OKU Selatan, Sumatera Selatan, bersaing memenangkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Langkah ini diambil pasangan suami istri, Kaliman, dan Saeni agar tidak menghadapi kotak kosong.

Baca juga: Usai Coblosan Pilkades Serentak Warga Lebak Dihebohkan Bola Api Terbang di Langit

Pasangan suami istri tersebut, maju menjadi calon Kepala Desa Sidodadi, Kecamatan Banding Agung. Kaliman merupakan calon patahana yang maju kembali untuk kali ketiga. Sementara Saeni sehari-hari sebagai ibu rumah tangga dengan tiga putra.



Kedua calon kepala desa ini tetap harmonis, meski keduanya bersaing untuk meraih kemenangan di Pilkades. Mereka tetap tinggal serumah sebagai suami istri. Selain itu, keduanya juga memutuskan tidak berkampanye bersama-sama.

Baca juga: 6 Tahun Kumpul Kebo, Wanita Manado Mengadu Dianiaya Kekasihnya Warga Negara Swiss

Menurut Kaliman, sebelum pelaksanaan Pilkades, sejak jauh hari sudah menyatakan akan maju kembali mencalonkan diri menjadi calon kades untuk periode ketiga. "Pencalonan ini sudah saya sampaikan ke tokoh masyarakat dan warga Desa Sidodadi," ungkapnya.

Hingga hari terakhir pendaftaran calon kades, ternyata belum ada calon lain yang mau bertarung dengan Kaliman. Akhirnya istri Kaliman, Saeni memberanikan diri dan menyatakan siap untuk bertarung melawan suaminya sendiri di Pilkades serentak tersebut.

Di Kabupaten OKU Selatan, telah ditetapkan aturan hukum untuk pelaksanaan pilkades secara serentak tahun 2021 ini, dilarang hanya diikuti oleh satu calon kades, atau melawan kotak kosong.

Baca juga: Ibu dan Anak Gadisnya Dibunuh dan Ditelanjangi, Kriminolog: Digital Forensik Belum Digali

Kaliman menegaskan, apabila dalam pilkades tersebut dirinya kalah dengan sang istri, maka dirinya akan menerima dengan logowo dan siap menerima hasil dari keputusan panitia Pilkades yang digelar secara serentak.

Pelaksanaan Pilkades yang digelar pukul 07.00-13.00 WIB, akhirnya dimenangkan oleh Kaliman secara mutlak, yakni memperoleh 414 suara. Sedangkan istrinya hanya mendapatkan sebanyak 77 suara.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2456 seconds (11.210#12.26)