Hijaukan Pesisir, Gubernur Khofifah Gencarkan Aksi Tanam Mangrove

Jum'at, 29 Oktober 2021 - 10:25 WIB
loading...
Hijaukan Pesisir, Gubernur Khofifah Gencarkan Aksi Tanam Mangrove
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama sejumlah organisasi kepemudaan gencar menghijaukan kawasan pesisir dengan melakukan penanaman mangrove. Foto SINDOnews
A A A
GRESIK - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa bersama sejumlah organisasi kepemudaan gencar menghijaukan kawasan pesisir dengan melakukan penanaman mangrove, diantaranya di desa Banyu Urip, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, (28/10/2021).

Khofifah mengatakan penanaman mangrove merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Pemprov Jatim ke-76. "Selain menyelamatkan ekosistem laut, meminimalisir abrasi juga berpotensi memberikan nilai ekonomis masyarakat sekitar pantai," ujar mantan Menteri Sosial itu.

Menurutnya, ancaman global warming sedang dirasakan oleh warga dunia. Karena itu pihaknya meminta Dinas Kehutanan Pemprov Jatim agar gencar menanam mangrove sebanyak-banyaknya dan di mana saja.

“Luasan mangrove terus ditingkatan akan berdampak pada ekosistem secara jangka panjang. Selain itu, juga akan berdampak positif bagi masyarakat sekitar. Ini bisa jadi solusi jangka panjang,” jelasnya.

Selain menyelamatkan lingkungan dari ancaman abrasi. Penanaman mangrove secara masif ini juga memiliki potensi nilai ekonomis. Seperti hutan mangrove Banyuurip, Ujungpangkah, yang kemarin ditanami gubernur.

Kepala desa Banyuurip Ikhsanul Haris, pencetus wisata Mangrove mengatakan, terdapat sebanyak 17 varian mangrove yang tumbuh subur di desanya.

Kawasan pesisir Ujungpangkah yang tercatat sebagai wilayah konservasi juga terdapat puluhan jenis satwa laut, termasuk burung Pelikan. "Ada sekitar 72 jenis burung laut yang memenuhi lokasi tersebut. Ada 50 di antaranya adalah burung yang melakukan migrasi dari Benua Australia," ujarnya.

Ikhsanul Haris, mengatakan, Ujungpangkah sudah ditetapkan sebagai Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) yang menempati lahan seluas 1.554,27 hektar terletak di tiga desa. Yakni Desa Pangkahwetan, Desa Pangkahkulon dan Desa Banyuurip.

KEE Ujungpakah Gresik yang membentang di pesisir laut dan muara memberikan nuansa hijau serta menyumbang oksigen bersih untuk Kota Pudak dan sekitarnya.

Hingga saat ini, lebih dari 100 ribu pohon mangrove yang ditanam di lokasi tersebut sejak 2016. Jumlah tersebut terus bertambah karena pengelola masih terus menggenjot penanaman dengan dukungan sejumlah perusahaan di Gresik
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)