Kisah Pemberontakan Peta Blitar akan Difilmkan Versi Milenial

Rabu, 27 Oktober 2021 - 15:16 WIB
loading...
Kisah Pemberontakan Peta Blitar akan Difilmkan Versi Milenial
Kisah pemberontakan Peta Blitar akan difilmkan versi milenial.Foto/ilustrasi
A A A
BLITAR - Sejarah pemberontakan tentara Pembela Tanah Air (Peta) yang dikomandani Syodanco Soeprijadi di Blitar, Jawa Timur akan diangkat ke layar perak. Pembuatan film Peta yang secara khusus menyasar penonton milenial tersebut, digagas Kodim 0808/Blitar

"Biar milenial tidak hanya mengingat 14 Februari sebagai hari Valentine saja. Tapi ada peristiwa pemberontakan Peta di Blitar," ujar Komandan Kodim 0808/Blitar Letkol Inf Didin Nasrudin Darsono kepada wartawan Rabu (27/10/2021).

Baca juga: Raih Bintang Jasa dari Pemerintah Jepang, Ini Peran Rektor Unusa Prof. Achmad Jazidie

Pemberontakan Peta Blitar meletus pada 14 Februari 1945. Dipimpin Syodanco Soeprijadi, sebanyak 360 prajurit Peta tiba-tiba bergerak meninggalkan barak. Mereka menyerang Hotel Sakura yang saat itu menjadi markas perwira Jepang.

Dalam keadaan marah, para prajurit Peta juga menembaki kediaman perwira pengawas dan Kenpetai (polisi militer Jepang). Sedikitnya empat orang Jepang dan tujuh orang etnis Tionghoa pro Jepang, tewas terbunuh.

Pemberontakan Peta Blitar dipantik keresahan Syodanco Soeprijadi yang tidak tahan melihat kekejaman Jepang. Menyaksikan rakyat yang terus menerus ditindas, Soeprijadi marah. Pemberontakan yang menginspirasi Peta daerah lain tersebut berakhir dengan kekalahan.

Nasib Syodanco Soeprijadi tidak jelas rimbanya. Jepang juga mengeksekusi sejumlah perwira Peta di Ancol, Jakarta. Menurut Didin, meski berakhir menyedihkan, api semangat perjuangan prajurit Peta harus tetap terjaga.



"Memang berakhir sad ending. Namun semangatnya yang harus terus dijaga. Terutama untuk generasi muda," kata Didin. Rencana mengangkat film pemberontakan Peta Blitar telah dikomunikasikan dengan berbagai pihak. Dandim Didin mengaku telah bertemu Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso.

Artis nasional Anwar Fuadi yang belum lama ini berziarah ke Makam Bung Karno, juga diajak bicara. Anwar Fuadi yang menjadi tamu Wabup Rahmat di pendopo Kabupaten Blitar, menyatakan ketertarikannya. "Bahkan Pak Anwar Fuadi mengatakan akan mengirim tim ke Blitar," terang Didin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2625 seconds (0.1#10.140)