Sukmawati Soekarnoputri Teteskan Air Mata Jalani Prosesi Pindah Agama Hindu

Selasa, 26 Oktober 2021 - 16:19 WIB
loading...
Sukmawati Soekarnoputri Teteskan Air Mata Jalani Prosesi Pindah Agama Hindu
Sukmawati Soekarnoputri telah sah menjadi pemeluk agama Hindu. Dia sempat menangis saat menjalani prosesi Sudhi Wadani di Bale Agung, Singaraja, Bali, Selasa (26/10/2021). Foto/SINDOnews/Miftahul Chusna
A A A
SINGARAJA - Sukmawati Soekarnoputri telah sah menjadi pemeluk agama Hindu. Dia sempat menangis saat menjalani prosesi Sudhi Wadani ( pindah agama ) di Bale Agung, Singaraja, Bali, Selasa (26/10/2021).
Sukmawati Soekarnoputri Teteskan Air Mata Jalani Prosesi Pindah Agama Hindu


Putri presiden pertama Soekarno itu berurai saat bersembahyang di Pura Merajan Dadia Pasek yang berada di dalam komplek Bale Agung. "Saat bersembahyang, dia menangis, keluar air mata," kata penglingsir Bale Agung, Jro Made Arsana.



Arsana menyaksikan Sukmawati begitu khusyuk saat pertama kali bersembahyang setelah sah menjadi umat Hindu. Mungkin karena kekhusyukan itu, hati Sukmawati menjadi tersentuh.

Saat bersembahyang, Sukmawati juga terlihat menarikan jari kedua tangannya. "Menurut pandita (pemimpin ritual), roh keluarganya hadir di situ dan menyaksikan," imbuh Arsana.

Dia menjelaskan, prosesi yang berlangsung empat jam itu berjalan lancar. Mulai dari pembacaan sumpah memeluk Hindu yang digelar di Bale Sangkepan Pasek Bale Agung.

Mengenakan kebaya warna putih, Sukmawati mengucapkan sumpah disaksikan oleh Bendesa Adat Buleleng, Lurah Paket Agung dan keluarga besar Bale Agung. Usai bersumpah, adik Megawati Soekarnoputri itu lalu menandatangani surat pernyataan yang berisi ikrar kesetiaan masuk Hindu.



Prosesi kemudian dilanjutkan dengan metatah atau potong gigi di Bale Gede. Tempat ini dulunya merupakan rumah asli Ida Ayu Nyoman Rai Srimben, ayah Soekarno tinggal dari kecil sampai gadis.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2585 seconds (0.1#10.140)