Rumah Produksi Rokok di Malang Terbakar Hebat, 2 Kitab Alquran Masih Utuh

Selasa, 26 Oktober 2021 - 14:16 WIB
loading...
Rumah Produksi Rokok di Malang Terbakar Hebat, 2 Kitab Alquran Masih Utuh
Petugas pemadam kebakaran menunjukkan dua Alquran yang utuh di tengah kobaran api yang menghanguskan rumah produksi rokok di Kota Malang.Foto/Avirista
A A A
MALANG - Kebakaran melanda pabrik rokok rumahan di Kota Malang, Selasa pagi (26/10/2021). Warga panik warga lantaran kobaran api membesar dan menghanguskan rumah milik Joko Supomo ini. Ajaibnya, dua kitab suci Alquran ditemukan utuh.

Rumah tersebut yang juga difungsikan sebagai produksi rokok di Jalan Kedungkandang Gang VII, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Baca juga: Viral, Video Pemuda Hajar Pengendara Motor hingga Terjungkal

Komadan regu 1 pemadam kebakaran (Damkar) Anang Yuwono mengatakan, pihaknya menerima informasi kebakaran dari warga, sekitar pukul 07.45 WIB, pada Selasa pagi.

Rumah Produksi Rokok di Malang Terbakar Hebat, 2 Kitab Alquran Masih Utuh


"Kami mengerahkan 7 unit mobil pemadam kebakaran dengan 30 personel ke lokasi kejadian," ucap Anang, melalui laporannya yang diterima awak media, pada Selasa siang.

Petugas pun berjibaku memadamkan api yang menghanguskan bangunan rumah yang digunakan untuk memproduksi rokok. Setalah berjuang hampir dua jam, petugas akhirnya berhasil memadamkan api sekitar pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Truk Pengangkut Elpiji Terbakar, Warga di Bangka Selatan Panik

Petugas menduga kebakaran ditimbulkan akibat dari puntung rokok seseorang pekerja yang dibuang. Namun untuk memastikan penyebab pasti kebakaran, petugas kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait hal itu.

"Dugaannya dari puntung rokok yang dinyalakan penghuni rumah di atas kasur. Lalu rokok itu ditinggal keluar, dan menghanguskan bangunan rumah," bebernya.

Beruntung pada kejadian ini tidak sampai memakan korban jiwa. Tapi hangusnya seluruh bangunan rumah dan peralatan di dalamnya, termasuk bahan baku pembuatan rokok, membuat sang pemilik mengalami kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta.

Menariknya, dua kitab Alquran yang ada di bangunan rumah yang ludes terbakar ini, tak turut hangus terbakar. "Kerugiannya diperkirakan mencapai Rp 500 juta, untuk korban jiwa dan luka - luka nihil," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4804 seconds (0.1#10.140)