Profil Sukmawati Sukarnoputri, Usia 70 Tahun Pindah Agama Hindu di Tanah Leluhurnya Bali

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 10:24 WIB
loading...
Profil Sukmawati Sukarnoputri, Usia 70 Tahun Pindah Agama Hindu di Tanah Leluhurnya Bali
Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri atau yang dikenal Sukmawati Soekarnoputri merupakan putri presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno. Foto/Reuters
A A A
DENPASAR - Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri atau yang dikenal Sukmawati Soekarnoputri lahir pada 26 Oktober 1951. Dia merupakan putri presiden pertama RI Soekarno atau Bung Karno.

Sukmawati Sukarnoputri bakal pindah agama dari Islam ke Hindu. Ritual upacaranya digelar pada Selasa 23 Oktober 2021 atau tepat di usianya yang ke 70 di Singaraja, Buleleng, Bali.

Profil Sukmawati Sukarnoputri, Usia 70 Tahun Pindah Agama Hindu di Tanah Leluhurnya Bali

Foto/Ist

Proses pindah agama dilakukan di tanah leluhurnya, yakni kawasan Sukarno Heritage Situs Cagar Budaya. Lokasi tersebut merupakan rumah asal Nyoman Rai Srimben, ibunda Bung Karno di Jalan Mayor Metra, Bale Agung, Singaraja, Buleleng.


Sukmawati Sukarnoputri merupakan adik kandung dari Megawati Soekarnoputri. Dalam perjalanan hidupnya, Sukmawati pernah menikah dengan Pangeran Sujiwo Kusuma yang kemudian naik tahta menjadi penguasa Pura Mangkunegaran Solo dengan gelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara IX.

Pasangan Pangeran Sujiwo Kusuma dan Sukmawati Soekarnoputri menikah 1974 hingga pada 1984 berpisah. Diketahui KGPAA Mangkunegara IX meninggal pada Jumat 13 Agustus 2021 di Jakarta.

Pernikahan pasangan Pangeran Sujiwo Kusuma dan Sukmawati Soekarnoputri dikaruniai 2 anak, yakni GPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara, Gusti Raden Ayu (GRA) Putri Agung Suniwati.

Sukmawati terjun ke dunia politik dengan mendirikan dan menjadi ketua umum Partai Nasional Indonesia (PNI) Marhaenisme.

Ritual Sudha Wadani

Diketahui Sukmawati Soekarnoputri akan menjalani ritual Sudha Wadani untuk pindah agama dari Islam ke Hindu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3946 seconds (0.1#10.140)