Aksi Calon Kades di Lebak Viral, Lempar-lempar Uang untuk Pendukung dari Atas Mobil

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 15:53 WIB
Aksi Calon Kades di Lebak Viral, Lempar-lempar Uang untuk Pendukung dari Atas Mobil
Aksi bagi-bagi uang yang dilakukan para calon kepala desa di Kabupaten Lebak, Banten, viral dimedia sosial. Foto/iNews TV/Iskandar Nasution
A A A
LEBAK - Tindakan calon kepala desa (Kades) di Kabupaten Lebak, Banten, viral di media sosial. Dia terekam naik ke atas mobil, lalu melempar-lemparkan uan g kepada para pendukungnya yang berkerumun di bawahnya.

Baca juga: 2 Oknum Polisi Ikut Amankan dalam Kasus Politik Uang Pilkades di Tangerang

Dugaan politik uang ini dilakukan calon Kades dengan identitas warna kuning bernomor urut tiga. Aksi bagi-bagi uang politik ini, diduga terjadi di Malimping Utara, Kabupaten Lebak.





Diduga aksi bagi-bagi uang yang dilakukan calon Kades ini, juga terjadi di Desa Lebak Parahiang, dan Desa Cimangeunteng. Aksi calon Kades di dua desa tersebut, juga viral di media sosial.

Baca juga: Kisah Bupati Jogja Tan Jin Sing, Bantu Ayah Diponegoro Jadi Raja dan Mengeksplorasi Candi Borobudur

Aksi bagi-bagi uang untuk politik Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Lebak, Banten ini, tentunya sangat mencederai proses demokrasi di desa. Sebelumnya, Pemkab Lebak sudah mengumpulkan para calon Kades, untuk tidak melakukan kecurangan dalam pelaksanaan Pilkades 24 Oktober 2021 mendatang.

Kenyataannya, beberapa calon Kades diduga justru begitu leluasa melakukan tindakan kecurangan dengan membagikan uang politik yang dapat menjerat calon Kades ke persoalan hukum.

Baca juga: Jumat Legi Malang Raya Diguncang Gempa Bumi, Warga Sampai Gemetaran

Kepala Bidang Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintah Desa Kabupaten Lebak, Diki Ginanjar mengatakan, hingga saat ini belum menerima laporan kecurangan calon Kades. Kampanye Pilkades ini telah diatur dalam Perbup Lebak No. 7/2015. Jika ada calon Kades yang melanggar akan diberi sanksi tegas," tuturnya.

Politik uang dalam Pilkades ini, tentunya tidak mencerminkan seorang calon Kades yang mampu memimpin desanya. Warga desa diharapkan memilih calon Kades yang benar-benar dapat membangun desa mereka untuk enam tahun ke depan.
(eyt)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1722 seconds (11.252#12.26)