Peringati Hari Santri Nasional, Siswa Madrasah di Blitar Sodaqoh Ribuan Telur

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 15:41 WIB
Peringati Hari Santri Nasional, Siswa Madrasah di Blitar Sodaqoh Ribuan Telur
Aksi bagi-bagi ribuan telur ayam yang dilakukan siswa MTsn 01 Blitar dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional. Foto/SINDOnews/Solichan Arif
A A A
BLITAR - Berbagai cara dilakukan untuk merayakan Hari Santri Nasional yang jatuh pada Jumat, 22 Oktober 2021 ini. Di lingkungan sekolah MTsn 01 Blitar, Jawa Timur misalnya, para siswanya berbagi (sodaqoh) 1.058 paket bahan makanan kepada warga yang membutuhkan.

Dalam waktu satu jam, bahan makanan yang berupa paket telur ayam, buah-buahan dan sayuran, ludes terbagikan.

"Alhamdulillah, dalam waktu satu jam habis tersalurkan," ujar Waka Humas Mtsn 01 Blitar, Ita Pradita Jumat (22/10/2021). Aksi sosial berlangsung di dua titik. Di pinggir jalan raya depan gedung Mtsn 01 di Desa Kunir, Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar.

Baca juga: Hari Santri Nasional, Wapres Harap Pesantren Cetak Pendakwah Go Digital



Kemudian di pinggir jalan Raya Propinsi Jawa Timur, yang berjarak sekitar 500 meter dari gedung sekolah. Secara tekhnis kegiatan melibatkan guru, pegawai sekolah, serta sejumlah mahasiswa yang sedang PPL (Praktik Pengalaman Lapangan).

Untuk tetap menjaga protokol kesehatan, pihak sekolah sengaja tidak banyak melibatkan siswa di jalan. "Karena kalau banyak siswa di jalan khawatirnya malah mengganggu lalu lintas," terang Ita.

Seluruh telur, buah-buahan dan sayuran itu berasal dari sumbangan sukarela siswa. Jumlah 1.058 paket sesuai dengan jumlah seluruh siswa di Mtsn 01 Blitar (kelas 1-3). Dari siswa kelas 1, terkumpul sebanyak 2.000 butir telur ayam.

Masing-masing siswa membawa 4-16 butir yang kemudian dibungkus menjadi 500 paket. Setiap paket berisi 4 butir telur. Dari siswa kelas 2 terkumpul 600 paket sayuran dan kelas 3 sebanyak 350 paket buah-buahan yang terdiri dari apel, pear, nanas, dan pisang. Setiap warga yang menerima sodaqoh bebas memilih paket yang diinginkan. Termasuk juga warga yang melintas di jalan.

"Bisa pilih paket telur, sayuran atau buah. Yang ingin ambil semuanya juga gak papa," terang Ita Pradita. Mtsn 01 Blitar merupakan madrasah negeri tertua di Kabupaten Blitar.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1452 seconds (10.55#12.26)