Penyelenggaraan Peparnas XVI Papua, PB: Persiapan Sudah 95 Persen

Rabu, 20 Oktober 2021 - 21:30 WIB
loading...
Penyelenggaraan Peparnas XVI Papua, PB: Persiapan Sudah 95 Persen
Wakil Ketua II Panitia Besar (PB) Peparnas XVI Papua Hans Hamadi mengatakan, kesiapan Peparbas dalam berbagai aspek tinggal sentuhan akhir Foto ist
A A A
JAKARTA - Persiapan penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Papua yang akan dibuka pada 5 November 2021 sudah memasuki tahap-tahap akhir. Wakil Ketua II Panitia Besar (PB) Peparnas XVI Papua Hans Hamadi mengatakan, kesiapan Peparbas dalam berbagai aspek tinggal sentuhan akhir

"Kesiapan gelaran Peparnas XVI Papua sudah mencapai 95 persen," kata Hans Hamadi pada acara dialog virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) bertajuk “Kawal Kesiapan Peparnas XVI Papua”, Senin (18/10/2021).

Hans melanjutkan, pertandingan akan digelar di dua klaster, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, akan dibuka pada tanggal 5 November dan penutupan pada 13 November 2021. Sedangkan laga awal pertama akan dilakukan pada pada tanggal 6 November 2021.

Pada Peparnas ini, jelas Hans, ada sekitar 20 bidang kepanitiaan yang dibentuk dan berharap bisa meraih sukses layaknya ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. "Ada 20 panitia yang terdiri dari sembilan bidang telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari National Paralympic Committe (NPC) beberapa waktu lalu," kata dia.

Terkait dengan peralatan pendukung, mayoritas sudah berada di Papua saat ini, dan beberapa waktu ke depan, akan segera didistribusikan ke setiap venue yang akan dipergunakan oleh para atlet yang akan berlaga.

Ada 12 venue dan 12 cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan yakni angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepakbola CP, tenis lapangan kursi roda, serta tenis meja.

Hingga Senin (18/10/2021), lanjutnya, tinggal peralatan dari satu Cabor saja yang belum tiba di lokasi yakni Boccia yang merupakan Cabor yang pertama kali dipertandingkan dalam ajang Peparnas kali ini. "Peralatan sudah tiba di Pelabuhan, hanya tinggal dipasang pada venue yang akan dipergunakan," ujarnya.

Berkaitan dengan alat bantu atau Ramp bagi para atlet yang akan berlaga juga telah dipersiapkan. Dari mulai ketibaan di bandar udara, tempat pertandingan, hingga hotel tempat para atlet tersebut beristirahat.

"Semuanya telah dipersiapkan untuk menunjang mobilitas para atlet agar semakin optimal. Dari awal sudah kami siapkan Ramp di tempat-tempat yang akan dipergunakan oleh atlet. Kemudian, memodifikasi alat transportasi," tambahnya.

Pihak NPC Indonesia, lanjut Hans, juga membantu sepenuhnya dalam merekomendasikan tempat-tempat yang memiliki fasilitas bagi penyandang disabilitas di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura .Transportasi yang akan dipergunakan juga dimodifikasi, sehingga memudahkan mobilitas para atlet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)