Penataan Pantai Barat Pangandaran Berdampak Positif pada Perekonomian

Rabu, 20 Oktober 2021 - 19:31 WIB
loading...
Penataan Pantai Barat Pangandaran Berdampak Positif pada Perekonomian
Pembangunan penataan pantai barat Pangandaran dari pertigaan Cikembulan hingga ke Kampung Turis di Pamugaran memiliki dampak positif untuk perekonomian. (Ist)
A A A
PANGANDARAN - Pembangunan penataan pantai barat Pangandaran dari pertigaan Cikembulan hingga ke Kampung Turis di Pamugaran memiliki dampak positif untuk perekonomian.

Sebelum pantai barat dilakukan penataan , kawasan tersebut hanya jadi jalur lintasan transportasi dan terkesan kumuh tidak memiliki daya tarik.

Bahkan semak belukar dan pepohonan liar banyak yang tumbuh tidak beraturan sehingga jadi sarang ular dan hewan liar.

Jika malam, orang yang melewati jalur tersebut kadang merasa tidak nyaman lantaran kondisinya gelap dan potensi terjadi kejahatan kriminal terencana.

Berbeda dengan sekarang, setelah kawasan jalur pantai barat ditata dan dibenahi, banyak warga dan wisatawan yang sengaja datang untuk selfie pada tempat tertentu karena memiliki daya tarik yang istimewa.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari mengatakan, Pemerintah Daerah Pangandaran terus melakukan penataan kawasan wisata.

Penataan bibir pantai barat Pangandaran telah dilakukan beberapa tahun lalu mulai dari daerah cagar alam Pananjung sampai ke simpang tiga Pangandaran Sunset.

Kemudian tahun 2021, proyek serupa dilanjutkan dari kawasan Kampung Turis di Pamugaran sampai ke pertigaan Cikembulan. "Penataan bertujuan agar kualitas pelayanan yang diberikan kepada wisatawan Pangandaran semakin meningkat," kata Tonton Guntari.

Penataan penunjang pariwisata pantai barat di Pamugaran sampai ke Cikembulan ini, menurut Tonton juga untuk menyebar konsentrasi wisatawan. "Sekarang di Pamugaran sudah banyak fasilitas, ada jalur pedestrian, taman, area parkir dan fasilitas lainnya," tambah Tonton.

Keberadaan alun-alun Paamprokan juga menjadi pilihan baru pengunjung sehingga penumpukan wisatawan bisa dihindari. Baca: Tebing Ambrol, 5 Rumah di Sukabumi Terancam Longsor Susulan.

Tidak kalah penting lagi yaitu dengan penataan pantai barat di Pamugaran sampai ke Cikembulan membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat di wilayah tersebut.

"Sekarang lokasi jalur pantai barat Pangandaran dari Kampung Turis di Pamugaran sampai Cikembulan sudah mulai banyak digelar event sehingga potensi usaha masyarakat bisa terangkat," jelasnya. Baca Juga: Jadi Korban Tabrak Lari, Pengendara Motor Tewas dengan Kepala Pecah.

Tonton berharap, kegiatan yang digelar bisa jadi peluang yang diambil manfaatnya oleh masyarakat sekitar untuk pengembangan usaha mandiri berbasis kerakyatan.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0000 seconds (0.1#10.140)