Tes Varian Baru COVID-19, Dinkes Bandung Perketat Pengecekan WGS

Rabu, 20 Oktober 2021 - 13:58 WIB
loading...
Tes Varian Baru COVID-19, Dinkes Bandung Perketat Pengecekan WGS
Dinkes Bandung perketat pengecekan WGS untuk mengantisipasi masuknya varian baru COVID-19.Foto/ilustrasi
A A A
BANDUNG - Masuknya varian baru COVID-19 terus diantisipasi Pemkot Bandung. Langkah ini untuk mengantisipasi terjadinya ledakan kasus seperti halnya varian delta beberapa waktu lalu.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes Kota Bandung, Rosye Arosdiani pihaknya melakukan pemeriksaan Whole Genome Sequence (WGS), untuk melacak apakah ada varian baru yang masuk.

Baca juga: Tips Cerdas Tak Terjerat Pinjaman Online Illegal

Pengecekan dilakukan kepada WNI maupun WNA yang baru tiba dari luar negeri. Nantinya pada saat mereka tiba di bandara, petugas dari KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) akan melakukan testing ulang kemudian dikarantina selama 5-7 hari.

"Setelah karantina mereka harus PCR lagi. Kalau dia positif, samplenya dilakukan WGS untuk mencari ada varian baru. Karena kita khawatir ketika ada orang luar datang kesini," tuturnya.

Kendati begitu, hingga saat ini pihaknya belum menemukan adanya varian baru selain delta. Sejauh ini, kasus Covid-19 di Bandung masih varian delta. Di mana ada sekitar 98 orang yang terpapar.

Baca juga: Nasib Tragis Janda 3 Anak, Digugat Rp500 Juta oleh Mantan Pengacara Sendiri

Selain itu, Dinkes juga tetap melakukan pemeriksaan WGS jika ditemukan kasus yang mencurigakan. Misalnya di satu tempat tiba-tiba ditemukan 9 orang yang positif. "Itu samplenya kita cek ulang, kemudian yang CT nya rendah dibawah 25 itu dilakukan WGS. Artinya ketika kasus sudah menurun juga tetap kita lakukan WGS," beber Rosye
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)