Speedboat Terbalik di Perairan Utara Sarmi Papua, Sekda Belum Ditemukan

loading...
Speedboat Terbalik di Perairan Utara Sarmi Papua, Sekda Belum Ditemukan
Basarnas dan sejumlah pihak melakukan operasi pencarian PH Sekda Sarmi Flavius Yaas yang hilang setelah speedboat yang ditumpangi terbalik di Perairan Utara Sarmi, Papua. Foto/Basarnas
SARMI - Sebuah kapal speedboat dengan penumpang 4 orang dilaporkan terbalik di Laut Utara Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua pada Sabtu (11/4/2020) pukul 17.00. Tiga orang berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Satu orang penumpang masih hilang dan masih terus dicari.

Satu orang korban yang belum ditemukan adalah Pejabat Harian (PH) Sekda Kabupaten Sarmi Falvius Yaas. Tim SAR yang terdiri dari Basarnas, Pol Airut Polres Sarmi, TNI AL, Rapi, BPBD Kabupaten Sarmi, masyarakat dan pihak keluarga masih terus melalukan upaya pencarian hingga hari ini.

Kepala Kantor Pencarian Pertolongan Jayapura Zainul Thahar mengatakan tim SAR gabungan mulai pukul 07.00 melanjutkan pencarian dengan dimulai breefing pembagian area pencarian.

“Operasi SAR ini melibatkan 14 perahu dan kapal dari berbagai instansi. Di antaranya milik Polairud Polres Sarmi, TNI-AL, dan masyarakat nelayan yang ada di Pos SAR Sarmi. Kita bagi areal pencarian, dan kita kerahkan armada lain," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura Zainul Thahar, Senin (13/4/2020).



Basarnas Jayapura bersama potensi SAR dari berbagai potensi akan terus berupaya menemukan korban. Termasuk meminta bantuan pencarian melalui udara. "Saat ini kita telah meminta bantuan kepada PT. Intan Angkasa untuk melakukan pencarian melalui udara menggunakan Heli Bell type 402 yang rencana akan tiba di SARMI pukul 11.30 WIT," katanya.

Selain upaya pencarian lewat udara, Basarnas juga mengerahkan personel dari Jayapura untuk memperluas arela pencarian. “Basarnas tetap akan melakukan pengendalian operasi SAR berkaitan dengan penambahan heli Bell dan armada laut dalam penentuan area pencarian dan sebanyak 8 personel dari Jayapura beserta peralatan pendukung kita kerahkan ke Sarmi. Semoga upaya kita membuahkan hasil. Mohon doa agar korban kita temukan," pintanya.

Diinformasikan, kejadian tenggelamnya speedboat bermuka atas laporkan oleh salah satu warga Kota Sarmi yakni Fandi Buhari. Awalnya, speed boat yang ditumpangi Anthoni , Gery dan Alan serta PH Sekda Kabupaten Sarmi Flavius Yaas berkangkat dari Sarmi menuju pulau Liki. Namun dalam perjalanan speedboat dihantam ombak dan tenggelam. Tiga orang berhasil diselamatkan nelayan. sementara PH Sekda Sarmi masih dicari.
(sun)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top