Kisah Ritual Mistis dan Semedi Presiden Soeharto di Gunung Selok

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 05:00 WIB
Kisah Ritual Mistis dan Semedi Presiden Soeharto di Gunung Selok
Ritual mistis dan semedi konon sering dijalani mantan Presiden Soeharto. Salah satu lokasi yang disebut-sebut sering didatangi yakni di Gunung Selok, Cilacap. Foto/YouTube @HM Soeharto
A A A
Ritual mistis dan semedi konon sering dijalani mantan Presiden Soeharto semasa hidupnya. Salah satu lokasi yang disebut-sebut sering dipakai untuk menggelar ritual yakni di Gunung Selok, Cilacap, Jawa Tengah.

Gunung Selok, tempat yang sering didatangi Presiden Soeharto untuk melakukan ritual mistis dan semedi masuk wilayah Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.

Baca juga: Peringati Seabad Presiden Soeharto, Tutut: Hidupnya untuk Perjuangkan Rakyat Kecil

Ada tiga tempat di Gunung Selok yang menjadi lokasi tempat untuk mendapatkan petunjuk spiritual Presiden Soeharto. Ketiga lokasi itu adalah Jampe Pitu, Jampe Lima dan Goa Rahayu.



Kisah Ritual Mistis dan Semedi Presiden Soeharto di Gunung Selok

Foto/Ist

Suatu saat dikisahkan Presiden Soeharto yang saat itu menjadi Presiden Republik Indonesia selama 31 tahun, yakni sejak 1967 hingga 1998 datang dengan menaiki helikopter.

Helikopter mendarat di sekitar Gunung Selok. Sosok yang lahir di Kemusuk, Argomulyo, Bantul, DIY itu lantas bergerak menuju ke Jampe Pitu. Sejenak kemudian ritual mistis pun dilaksanakan.

Baca juga: Gajah Mada Tak Haus Kekuasaan, Pernah Menolak saat Ditawari Jabatan Patih Amangku Bumi Majapahit

Di Jampe Pitu, sosok Presiden yang di dunia internasional terkenal dengan sebutan The Smilling General itu melakukan semedi, menyepi, dan berkonsentrasi penuh memohon pada Yang Maha Kuasa.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2142 seconds (11.252#12.26)