Pulau Maspari, Surga Alam dengan Keindahan Pantai di Sumsel yang Tersembunyi

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 16:06 WIB
Pulau Maspari, Surga Alam dengan Keindahan Pantai di Sumsel yang Tersembunyi
Tampak keindahan pantai di Pulau Maspari Sumatera Selatan. SINDOnews/Dede
A A A
PALEMBANG - Provinsi Sumatera Selatan yang memiliki ibu kota Palembang terkenal dengan sejumlah wisata alam seperti Gunung dan puluhan air terjun serta kuliner khas yakni pempek.

Namun siapa sangka, Sumsel juga ternyata memiliki pantai yang indah dan memiliki pesona tak kalah dengan pantai lainnya di Indonesia. Adalah Pulau Maspari, pulau terluar di Sumsel ini mungkin baru satu-satunya pantai yang memiliki pasir putih di Sumsel.

Saat SINDOnews mengunjungi Pulau Maspari yang terletak di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kecamatan Tulung Selapan tersebut, masih sangat terasa alami.

Berbagai biota hayati ada di pulau ini, termasuk di antaranya keberadaan Penyu. Bila beruntung, para pengunjung pulau ini dapat melihat dari dekat bagaimana puluhan induk penyu bertelur dengan membuat lubang di bibir pantai yang berpasir.



"Keberadaan pulau ini juga menguatkan fakta baru bahwa Sumatera Selatan punya pantai," ujar Sadam Maulana, seorang wisatawan lokal asal Palembang yang ditemui di Pulau Maspari, Jumat (15/10/2021).

Untuk menuju ke Pulau Maspari, para wisatawan akan menempuh perjalanan darat dari Kota Palembang selama 3 jam ke Dermaga Tulung Selapan, OKI. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan speedboat sekitar 2 jam.

Syamsuri, Pegawai Negeri Sipil dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel yang bertugas menjaga pulau tersebut mengatakan, bahwa sejak pertama kali menginjakan kakinya di Pulau Maspari pada tahun 2002 silam, dirinya tidak mendapati adanya penduduk yang menempati pulau ini.

"Di Pulau Maspari ini merupakan tempat berkembang biaknya Penyu Sisik dan Penyu Hijau yang diketahui sudah sangat langka. Selain itu, juga terdapat sejumlah sumur, dimana airnya tawar. Padahal pulau ini letaknya di tengah laut," ucap Syamsuri.

Menurutnya, Pulau Maspari yang memiliki sejumlah keunikan lainnya dapat dijadikan destinasi wisata baru di Sumsel, asalkan mendapat dukungan dan pengelolaan yang baik dari Pemerintah Provinsi Sumsel. Baca: Viral Pukul Pemotor di Tepi Jalan, Polantas Polresta Deliserdang Dicopot.

"Daratan pulau ini sekitar 32 hektare, dan memiliki terumbu karang dengan luasan sekitar 292 hektare. Maspari ini unik karena memiliki ekor pantai yang selalu berubah-ubah kadang bentuknya lurus dan juga zig-zag. Di sini juga merupakan habitatnya ikan pari bertotol biru yang terbilang mahal," kata Syamsuri.

Keunikan lainnya yang dimiliki pulau berpantai ini yakni tidak ditemukannya pohon kelapa, seperti pantai pada umumnya. Namun, atas inisiatif Syamsuri, dirinya menanamkan sejumlah bibit kelapa di Pulau Maspari ini. Baca Juga: Jutaan Butir Pil Koplo BB Sitaan Pabrik Obat Ilegal di Bantul dan Sleman Dimusnahkan.

"Pulau ini sangat cantik dan unik. Jadi bagi wisatawan yang ingin berkunjung dapat pergi sendiri ke dermaga Tulung Selapan, tapi kalau naik travel biayanya hanya Rp100 ribu. Kemudian dilanjutkan naik Speedboat dengan kisaran biaya Rp200ribu hingga 250 ribu," jelasnya.
(nag)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1461 seconds (10.101#12.26)