alexametrics

Masa Pandemi, Kinerja Sektor Pertanian Tetap Cemerlang

loading...
Masa Pandemi, Kinerja Sektor Pertanian Tetap Cemerlang
Foto/Ilustrasi/dok
A+ A-
JAKARTA - Di tengah melemahnya ekonomi nasional akibat wabah pandemi covid-19, kinerja sektor pertanian justru cemerlang sehingga menjadi satu-satunya sektor yang menyelamatkan ekonomi nasional.

Hal ini berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa ekspor pertanian tetap memperlihatkan kinerja yang baik yakni ekspor pertanian April 2020 sebesar USD0,28 miliar atau tumbuh 12,66% dibandingkan periode yang sama tahun 2019 (YoY).

Berdasarkan sektornya, hanya sektor pertanian saja yang mengalami kenaikan ekspor secara Year of Year (YoY).



Selanjutnya BPS pun merilis data inflasi Mei 2020 berada pada pada posisi rendah angka 0,07% karena berbagai faktor, salah satunya atas dukungan ketersediaan pangan pada Hari Raya Idul Fitri.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto dalam keterangan persnya menjelaskan bahwa pada periode Januari-April 2020, ekspor non migas Indonesia didominasi oleh eskpor lemak dan minyak hewan atau nabati sebesar USD6,25 miliar atau 12,24%. (Baca Juga: Pembatalan Ibadah Haji 2020, SAHI Ajak Calon Jamaah Ambil Hikmah)

"Ini merupakan sinyal positif dan menjadi angin segar dimana pertanian dan olahannya memperlihatkan pertumbuhan yang positif," ujar Suhariyanto, di Jakarta, kemarin.

Guru Besar Ilmu Ekonomi Institut Pertanian Bogor (IPB) Muhammad Firdaus juga menegaskan, bahwa kondisi ketersediaan pangan pokok nasional secara kumulatif mencukupi meskipun sebarannya belum merata.

Dia juga menegaskan bahwa masing-masing wilayah punya keunggulan dan kapasitas produksi. Yang terpenting, katanya, ketersediaan secara agregat nasional harus mencukupi.

Menurutnya, sistem distribusi perlu ditata. Tujuannya adalah mengurangi disparitas harga antar-wilayah.
(boy)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak