Puskesmas Tambora Bantah Lecehkan Perempuan Hamil yang Datang Tanpa Suami

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 23:42 WIB
loading...
Puskesmas Tambora Bantah Lecehkan Perempuan Hamil yang Datang Tanpa Suami
Puskesmas Tambora menyatakan bahwa E telah dilayani dengan baik dengan dirujuk ke RS besar untuk menangani persalinannya yang harus melalui operasi sesar. Foto/facebook
A A A
JAKARTA - Kepala Puskesmas Kecamatan Tambora Kristiani membantah tuduhan pelecehan verbal yang dialami E, seorang perempuan yang tengah hamil dan hendak melahirkan. Sebaliknya dia mengatakan puskesmas menanganinya dengan baik.

"Yang benar ada pasien di sini sudah kami tangani dengan baik sejak awal sampai sekarang," ujarnya kepada wartawan, Jumat (8/10/2021).

Kristiani menjelaskan, saat itu E datang sendirian ke Puskesmas dengan keadaan hamil sembilam bulan. Soal kedatangan pasien, Kristiani menyampaikan, pasien tidak harus didampingi oleh suami.

"Jadi harus merujuk harus ada pendamping yang bertanggung jawab untuk administrasi," tuturnya. Kristiani memastikan, hingga saat ini pihak Puskesmas dengan korban masih menjalami komunikasi dengan baik.



Selanjutnya, E dirujuk ke rumah sakit (RS) besar guna menindaklajuti proses persalinan secara sesar. Sebab, kata dia, Puskesmas tidak melayani proses persalinan tersebut. "Karena memang ini Puskesmas ada batasan kasus yang memang kami tidak bisa layani di sini, salah satunya operasi," paparnya.

Soal pelecehan verbal yang dialami E, Kristiani enggan menjawab lebih jauh. Menurut dia, kasus ini sudah ditangani Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta dan dilakukan tindakan lebih lanjut.

"Sebenarnya sudah ditangani oleh Dinas Kesehatan, soalnya pada saat ditemukan kejadian itu sudah ada tindakan dari instansi yang mau menyampaikan," papar Kristiani.



Sebelumnya, kasus ini menjai viral di media sosial setelah sebuah video yang diunggah kembali oleh akun Instagram @lets.talkandenjoy, Selasa (5/10/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)