Modus Baru, Pencuri Ajak Tukang Kunci untuk Bantu Nyalakan Mesin Motor

Rabu, 06 Oktober 2021 - 16:14 WIB
loading...
Modus Baru, Pencuri Ajak Tukang Kunci untuk Bantu Nyalakan Mesin Motor
Pelaku pencurian motor semakin berani dan terang-terangan, mengajak tukang kunci bantu nyalakan mesin motor.Foto/ilustrasi
A A A
MAJALENGKA - Waspadai modus baru pencurian motor di Majalengka. Dalam melancarkan aksinya, pencuri mengincar kendaraan motor yang diparkir, kemudian membawanya dengan cara 'elegan.'

Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi mengatakan, pelaku akan berpura-pura kunci motor yang diparkir ya hilang. Langkah selanjutnya, yang bersangkutan akan minta tolong kepada orang untuk dicarikan tukang kunci.

Baca juga: Gerebak Kampung Narkoba di Surabaya, Ratusan Petugas Gabungan Hanya Dapat 4 Poket Sabu

"Ada modus baru yang cukup unik dimana pelaku berpura-pura menjadi pemilik kendaraan. Kemudian yang bersangkutan meminta tolong ke orang sekitar bahwa ini adalah kendaraannya dan dia tidak bisa mengeluarkan kendaraan karena kuncinya hilang," kata Kapolres, saat ekspos kasus di Mapolres Rabu (6/10/2021).

Aksi kejahatan pelaku akan semakin lancar lantaran warga dan tukang kunci tidak menyadari modus yang dilancarkannya. Setelah tukang kunci selesai membantunya, pelaku akan secara leluasa membawa motor incarannya tersebut.

Baca juga: Tradisi Rebo Wekasan di Majalengka: Salat Tolak Bala dan Berbagi Kue Apem

"Kemudian pelaku meminta untuk dicarikan tukang kunci. Tukang kunci kemudian memperbaiki dan kemudian motor dibawa oleh pelaku dengan keadaan kunci rusak," jelas dia.

Warga baru mengetahui yang bersangkutan adalah pencuri, setelah pemilik kendaraan datang dan mengaku kehilangan. "Setelah itu pemilik kendaraan mengaku kehilangan motor. Ini berarti ada modus baru curanmor di parkiran Majalengka," jelas Kapolres.

"Tukang kunci ini dicari oleh orang yang dimintai tolong (oleh pelaku). Jadi tukang kunci ini bukan komplotan, tapi memang tukang kunci," lanjut Kapolres. Aksi pencurian motor dengan modus tersebut sudah terjadi setidaknya di tiga titik di Majalengka Kota.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2399 seconds (0.1#10.140)