Denpasar Geger, Kulkul Banjar Merta Rauh Mendadak Bergerak Sendiri

Senin, 04 Oktober 2021 - 21:07 WIB
loading...
Denpasar Geger, Kulkul Banjar Merta Rauh Mendadak Bergerak Sendiri
Warga Denpasar geger setelah kulkul di Banjar Merta Rauh, Denpasar, Bali mendadak bergerak sendiri. Foto/iNews TV/Aris Wiyanto
A A A
DENPASAR - Kulkul atau alat komunikasi tradisional peninggalan leluhur warga Hindu di Banjar Merta Rauh, Denpasar, Bali bergerak sendiri sehingga membuat geger warga. Kejadian mistis yang terjadi sabtu sore lalu tersebut diabadikan warga melalui video.

Video amatir yang direkam salah seorang warga Banjar Merta Rauh ini tersebar di media sosial dan viral sehingga membuat heboh masyarakat.



Dalam video berdurasi kurang dari 1 menit tersebut, kulkul yang di gunakan warga setiap menggelar prosesi keagamaan bergerak sendiri secara misterius. Kejadian mistis ini terjadi pada Sabtu pukul empat sore.

Peristiwa ini berlangsung cukup lama hingga pukul setengah delapan malam. Kelian Adat Banjar Merta Rauh, Anak Agung Ngurah Wijaya menjelaskan, awalnya warga menyaksikan kedua kulkul yang ada di lantai empat balai banjar bergerak sendiri. Namun dari video yang beredar hanya satu kulkul yang bergerak.



"Penyebab bergeraknya kulkul ini masih misterius karena saat kejadian tidak ada gempa ataupun angin kencang serta tidak ada orang yang mendorong karena letak kulkul yang berada di lantai tiga," ujarnya, Senin (4/10/2021).

Kulkul baru berhenti bergerak setelah seorang pemangku menghaturkan canang. Atas kejadian ini warga berencana melakukan upacara pembersihan Prasetya Alit pada Rabu besok.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3878 seconds (0.1#10.140)