Jelang Peringatan HUT Ke-76 TNI, Pangdam V Brawijaya Ziarah ke Makam Bung Karno

Senin, 04 Oktober 2021 - 15:46 WIB
loading...
Jelang Peringatan HUT Ke-76 TNI, Pangdam V Brawijaya Ziarah ke Makam Bung Karno
Tampak Pangdam V Brawijaya Jawa Timur Mayjen TNI Suharyanto sedang berziarah ke makam Bung Karno di Kota Blitar. Foto/Sindonews/Solichan Arif
A A A
BLITAR - Jelang peringatan HUT ke-76 TNI, Pangdam V Brawijaya , Jawa Timur, Mayjen TNI Suharyanto berziarah ke makam Proklamator RI Soekarno di Kota Blitar. Sesuai rencana, usai dari Makam Bung Karno, rombongan Mayjen TNI Suharyanto juga akan menziarahi makam Presiden RI Ke IV KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Ponpes Tebuireng, Jombang.

"Di samping di makam Ir Soekarno, juga dilakukan (ziarah) di makam almarhum Presiden RI ke-IV KH Abdurrahman Wahid," ujar Suharyanto kepada wartawan, Senin (4/10/2021).

Baca juga: Wisata Malam di Pasar Mama-Mama Papua, Gubernur Khofifah Borong Noken

Kehadiran Pangdam V Brawijaya di Makam Bung Karno diiringi seluruh unsur pimpinan kesatuan (AD, AL dan AU). Terlihat Wali Kota Blitar Santoso dan Bupati Blitar Rini Syarifah.

Karena sedang berada di Papua, Gubernur Jawa Timur dan Kapolda, kata Suharyanto berhalangan hadir. Dari Polda Jatim diwakili Wakapolda.

"Kami prajurit TNI lengkap di sini. Semua ikut bergembira, bersyukur besok kami prajurit TNI memperingati ulang tahun ke-76," kata Suharyanto. Di depan pusara Bung Karno, Pangdam Brawijaya beserta rombongan, langsung berdoa.

Baca juga: Dorong Milenial Jadi Petani, Wagub Emil: Bertani Bukan Sesuatu yang Remeh

Setelah itu disusul dengan menabur bunga. Menurut Pangdam Suharyanto, karena masih suasana pandemi COVID-19, peringatan HUT TNI Ke -76 tahun ini dilaksanakan secara sederhana.

Seperti tahun sebelumnya. Perayaan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Sebagai bagian rangkaian kegiatan, TNI Jawa Timur menggelar bakti sosial berupa pemberian sembako.

"Kita laksanakan bakti sosial untuk membantu masyarakat Jawa Timur," terang Suharyanto. Di saat yang sama, TNI Jawa Timur juga menggelar vaksinasi massal dengan sasaran 65 ribu orang.

Bersinergi dengan pemerintah daerah dan kepolisian, pelaksanaan vaksinasi serentak berlangsung di sejumlah titik. Di antaranya di Markas Kodam V Brawijaya, Koarmada II, Lanud Abdurahman Saleh Malang, Lanud Iswahyudi Madiun, dan Korem 082 Mojokerto.

Vaksinasi serentak juga dilakukan di satuan-satuan TNI AD, AL dan AU. Sementara tepat di hari H peringatan HUT TNI 5 Oktober besok, akan digelar upacara secara virtual dengan Irup Presiden RI Joko Widodo dari Istana Negara.

Di Jawa Timur, pelaksanaan upacara virtual untuk Forkopimda dipusatkan di Makodam V Brawijaya. "Di ulang tahun ini semoga prajurit TNI bisa lebih baik lagi dalam berbakti kepada bangsa dan negara," pungkas Pangdam Suharyanto.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3648 seconds (0.1#10.140)