Kronologis Amuk Massa di Yahukimo yang Menelan Korban Jiwa dan Pembakaran Sejumlah Bangunan

Minggu, 03 Oktober 2021 - 20:17 WIB
loading...
Kronologis Amuk Massa di Yahukimo yang Menelan Korban Jiwa dan Pembakaran Sejumlah Bangunan
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal. Foto: Istimewa
A A A
YAHUKIMO - Amukan massa di Distrik Dekai, Yahukimo , Jayapura, Papua , yang menewaskan beberapa orang warga dan sejumlah bangunan dibakar , kembali menggegerkan, Minggu (3/10/2021), Berikut kronologis yang diterima SINDONews.

Pada hari dan tanggal tersebut diatas, Pukul 12.45 WIT, Massa Suku Kimyal yang dipimpin Kepala suku umum Kimyal Morome Keya Busup, dengan menggunakan 2 unit mobil minibus membawa alat tajam berupa busur panah dan parang mendatangi masyarakat suku yali dan melakukan penyerangan

Kronologis Amuk Massa di Yahukimo yang Menelan Korban Jiwa dan Pembakaran Sejumlah Bangunan


Pukul 12.50 WIT, personel Polres mendapat informasi dari warga bahwa telah terjadi penyerangan terhadap masyarakat suku yali sehingga Personil Polres Yahukimo berjumlah 20 (dua puluh) personil, dipimpin oleh Kasat intelkam AKP I Nengah S Gapar, S.Sos menuju ke TKP untuk menghalau aksi massa.

Pukul 13.00 WIT, Kelompok massa tersebut berhasil dihalau kemudian meninggalkan TKP dengan menggunakan 2 Unit Mini Bus menuju ke Komplek Suku Yali di perumahan masyarakat komplek telkomsel.

Pukul 13.20 WIT, Kelompok massa kembali melakukan penyerangan terhadap masyarakat suku Yali yang berada di Hotel Nuri dilanjutkan dengan pembakaran gedung hotel.

Pukul 13.30 WIT, Kapolres Yahukimo AKBP Deni Herdiana, S.E SH bersama 20 (dua puluh) personil gabungan menuju ke Hotel Nuri dan dilanjutkan ke komplek masyarakat suku Yali yang berada di komplek telkomsel untuk menghalau massa.



Pukul 13.35 WIT, Kelompok masyarakat yang dihalau bergerak melalui jalan setapak di belakang barak pemda lama Jalan Jenderal Sudirman, menuju komplek Sekla Jalan Gunung dan melakukan aksi pembakaran terhadap beberapa rumah milik masyarakat dari suku Yali.

Pukul 13.40 WIT, Kapolres bersama bersama Personel gabungan TNI-Polri bergerak dari Hotel Nuri menuju ke komplek sekla untuk membubarkan kelompok massa yang melakukan aksi pembakaran.

Pukul 14.00 WIT, massa aksi berhasil di halau sehingga Kapolres bersama personil gabungan melakukan evakuasi terhadap korban ke RSUD Dekai.

Pukul 14.30 WIT, Personil gabungan TNI-Polri melakukan pengaman pada objek vital diantaranya Kantor Bupati Yahukimo, Kantor DPRD Yahukimo dan Gedung Perkantoran Lainnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2422 seconds (0.1#10.140)