Kerap Picu Kemacetan, Pelebaran Jembatan Barombong Diusul ke Pusat

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 17:06 WIB
loading...
Kerap Picu Kemacetan, Pelebaran Jembatan Barombong Diusul ke Pusat
Pelebaran Jembatan Barombong di Kota Makassar akan diusulkan ke pusat pada tahun depan. Foto/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Pelebaran jembatan Barombong mulai diseriusi Pemkot Makassar . Bahkan, pemerintah daerah siap mengusulkannya ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) .

Jembatan yang berada di Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, itu memang kerap menimbulkan kemacetan. Ukurannya tak mampu lagi menampung peningkatan jumlah kendaraan yang lewat.

"2022 kita usulkan ke pemerintah pusat, karena jembatan itu memang kewenangan pusat," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, di kediaman pribadinya, Jumat (1/10).

Baca Juga: Jembatan Tambahan Akses Stadion Barombong akan Dibangun

Menurutnya, infrastruktur di daerah Barombong sudah mesti ada penyegaran. Termasuk melakukan pelebaran jalan. Bahkan pemkot sudah memberi ancang-ancang untuk melakukan pelebaran jalan tersebut melalui APBD 2022.

Danny mengungkapkan ke depan kawasan tersebut akan menjadi lokasi strategis di Kota Makassar . Apalagi jalannya menghubungkan antar kabupaten/kota. Salah konsep yang diinginkan Danny adalah menjadikannya kawasan waterfront city.

"Di sana itu (Barombong) macetnya kalau sore-sore cukup parah. Kasihan orang yang lalu lalang. Kalau seperti itu sama dengan menghalangi lancarnya perekonomian," ucapnya.

Rencana ini pun diharapkan mendapat dukungan dari Pemprov Sulsel. Sebab, nanti pemkot maupun pemprov akan punya otoritas sendiri di sekitar kawasan tersebut. Misalnya Stadion Barombong sebagai otoritas Pemprov Sulsel.

"Fungsinya Barombong itukan bagian dari bangkitan transportasi dan menjadi beban Kota Makassar . Otoritas yang bangun itu di pemerintah provinsi," tukasnya.

Terpisah, Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Darlis, mengatakan pihaknya rutin melakukan pemantaun kondisi jalan di Kota Makassar . Termasuk di sekitar kawasan Jalan Metro Tanjung Bunga menuju jembatan Barombong.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)