Diguyur Hujan Deras, Sungai Batang Tapakis Meluap, Ratusan Rumah Terendam

Kamis, 30 September 2021 - 14:17 WIB
loading...
Diguyur Hujan Deras, Sungai Batang Tapakis Meluap, Ratusan Rumah Terendam
Akibat diguyur hujan deras, sejumlah daerah di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, terendam banjir. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
PADANG PARIAMAN - Akibat diguyur hujan deras , sejumlah daerah di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, terendam banjir. Untuk Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, akses jalan kabupaten dari Sintuk ke Pakandangan terputus, ratusan rumah terendam banjir dan sebagian badan jalan nasional dari Lubuk Alung ke Kota Pariaman tergenang air.

Akibatnya, jalan kabupaten yang menghubung daerah Sintuk ke Pakandangan di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang, Kabupaten Padang Pariaman, tidak bisa dilalui kendaraan. Tinggi air yang mengenangi badan jalan itu mencapai satu meter lebih. Baca Juga: Badai Siklon Hantam India, Hujan Deras dan Banjir Rendam Wilayah Pedesaan

Amrizal, salah seorang warga setempat mengatakan, hujan mengguyur daerah tersebut, mulai Jumat (29/9/2021), sekira pukul 13.00 WIB dan air mulai naik, sekitar jam 10 malam.

Selain menggenangi badan jalan, Puskesmas Sintuk yang berada di pinggir jalan nasional, Lubuk Alung, Pariaman juga digenangi air. Pasalnya, air yang mengaliri Sungai Batang Tapakis yang di samping Puskesmas itu meluap, hingga nyaris mencapai badan jembatan.

“Luapan air Sungai Batang Tapakis itu, hingga pagi tadi sudah menyebabkan sebagian badan jalan tergenang. Selain itu, ratusan rumah yang berada di pinggir sungai juga digenangi air,” kata Amrizal, Kamis (30/9/2021).

Hujan deras yang disertai angin kencang, lanjutnya, juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan tanah longsor terjadi di sejumlah daerah di Kabupaten Padang Pariaman tersebut.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)