Banjir Rendam Ratusan Rumah di 3 Desa di Pulau Siberut, Mentawai

Kamis, 30 September 2021 - 10:34 WIB
loading...
Banjir Rendam Ratusan Rumah di 3 Desa di Pulau Siberut, Mentawai
Tampak banjir yang melanda 3 desa di Pulau Siberut, Mentawai. MPI/Rus
A A A
MENTAWAI - Banjir melanda tiga desa di Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Akibatnya ratusan rumah di Desa Bojakan, Sotboyak dan Monganpoula yang berada di Kecamatan Siberut Utara terendam.

Kepala Desa Sotboyak Jalimin Sirirui menjelaskan, banjir itu telah terjadi sejak kemarin mulai pukul 06.00 WIB, sampai pukul 08.00 WIB sudah terendam 30 rumah dan satu unit masjid.

“30 rumah warga itu berupa rumah panggung, jadi sudah hampir sampai di lantai papan warga, warga memang tidak mengungsi mereka bertahan di rumah, kita kemarin sudah mengerahkan beberapa sampan untuk mengungsi namun mereka tidak mau,” ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (30/9/2021)

Alasan warga memang banjir belum sampai ke rumah lantai papan, kondisi dapur juga masih aman belum terendam banjir. “Warga masih bisa memasak di dapur karena dapur dari lantai panggung ini belum kena banjir. Saat ini air mulai surut namun kondisi cuaca masih mendung dan gerimis,” terangnya.

Jalimin menambahkan banjir ini disebabkan aliran Sungai Sotboyak meluap, sebelum melanda daerah tersebut terlebih dahulu Desa Bojakan di hulu sungai tersebut sudah dilanda banjir. Aliran sungai Sotboyak ini juga mengaliri ke Desa Mongan Poula yang juga terdampak banjir.

Kepala Desa Monganpoula, Asrul Sani dihubungi MNC Portal Indonesia mengatakan daerahnya sudah kena banjir sejak pagi akibat luapan sungai di kawasan Monganpoula. Baca: Bubarkan Balap Liar, Oknum Polisi Setrum dan Injak Remaja hingga Patah Kaki.

“Ada sekitar 200 rumah milik warga yang terendam banjir terutama di tepi sungai, memang daerah kita rawan banjir hampir tiap tahun kalau curah hujan yang tinggi,” sebut Asrul.

Untuk saat ini karena rumah warga panggung mereka memilih bertahan di rumah sambil menyelamatkan barang-barang mereka. “Biasa kalau sudah banjir daerah kami ini bisa banjir satu hari,” pungkasnya. Baca Juga: Karantina Pertanian Ternate Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ekor Biawak di Kapal.

Berdasarkan data sementara Pusdalops PB, BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai kejadian banjir akibat hujan deras dan luapan daerah aliran sungai yang terjadi di Monganpoula dan Bojakan Kecamatan Siberut Utara. Akibat luapan tersebut Desa Mongan Poula.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2021 seconds (0.1#10.140)