Forum Mahasiswa Papua Minta Pemerintah dan Masyarakat Upayakan Tanah Papua yang Damai

Kamis, 30 September 2021 - 07:03 WIB
loading...
Forum Mahasiswa Papua Minta Pemerintah dan Masyarakat Upayakan Tanah Papua yang Damai
Tampak foto kantor Gubernur Papua. (Ist)
A A A
JAKARTA - Forum Mahasiswa Papua (Formapa) Jakarta mengecam keras serta menyatakan prihatin atas peristiwa tewasnya seorang tenaga kesehatan bernama Gabriella Meilani (22 ) dalam insiden penyerbuan KKB di Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua. Hal ini disampaikan oleh Yekson Itlay selaku Kordinator Forum Mahasiswa Papua (Formapa) Jakarta, Rabu, (29/9/2021) di Jakarta.

"Kami mengecam keras insiden ini, kami berharap insiden ini tidak terulang kembali. Kami turut prihatin dengan keluarga korban. Apalagi di tengah pandemi ini tenaga kesehatan adalah garda terdepan dalam penanganan pandemi di Tanah Papua ," ujar Yekson.

Yekson juga menyesalkan adanya aparat TNI dan Polri yang meninggal dalam konflik yang terjadi di Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua.

Yekson menegaskan bahwa kedamaian di Tanah Papua harus diwujudkan bersama. Untuk itu, ia meminta masyarakat Papua agar bahu-membahu dan bersinergi dengan Pemerintah baik pusat maupun daerah untuk mewujudkannya.

"Kedamaian di Tanah Papua adalah mutlak agar masyarakat dapat hidup dengan tenang, toleran, adil, dan sejahtera. Hal ini jadi poin penting dan kunci keberlanjutan pembangunan di Tanah Papua," tutur Yekson.

Yekson meminta Polri dan TNI untuk memastikan keselamatan warga Kiwirok dan sekitarnya yang secara psikologis mengalami dampak akibat penyerangan KKB di Kiworik. Baca: Ngawi Dilanda Kekeringan, Masyarakat Kesulitan Air Bersih untuk Masak dan Mandi.

"Polri dan TNI harus memastikan keselamatan masyarakat di Kiworik, secara psikologis masyarakat juga terkena dampak atas insiden tersebut," pintanya.

Terakhir, Yekson mengajak seluruh masyarakat Papua untuk bisa bergandengan tangan dengan Pemerintah. Dia juga meminta Polri dan TNI untuk mewujudkan Tanah Papua yang kondusif dan damai di tengah pelaksanaan PON Papua yang semakin dekat.

"Pemerintah daerah dan masyarakat Papua berkewajiban untuk mengupayakan Tanah Papua yang kondusif dan damai. Salah satunya dengan menyukseskan pelaksanaan PON Papua. Semoga pelaksanaan PON Papua berjalan dengan lancar dan masyarakat Indonesia dapat melihat keramahan dari rakyat Papua," tutup Yekson. Baca Juga: Geger, Pohon Tumbang Timpa 10 Warung di Padang Pariaman, 1 Tewas 3 Luka Berat.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)