Panen Melimpah, Sumedang Siap Jadi Pemasok Utama Beras Warga Jakarta

Senin, 27 September 2021 - 15:30 WIB
loading...
Panen Melimpah, Sumedang Siap Jadi Pemasok Utama Beras Warga Jakarta
Hasil panen padi yang melimpah membuat Kabupaten Sumedang siap menjadi pemasok utama beras warga DKI Jakarta. Foto/Istimewa
A A A
SUMEDANG - Kabupaten Sumedang siap menjadi pemasok utama beras warga DKI Jakarta menyusul hasil panen padi yang melimpah.

Selain hasil panen yang melimpah, kesiapan tersebut juga didasari kerja sama yang sudah dibangun antara Kabupaten Sumedang melalui BUMD Kampung Makmur dan Pemda DKI Jakarta melalui BUMD PT Tjipinang Raya dan Food Station.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menyatakan, melimpahnya produksi padi ini menjadikan Sumedang sebagai pemasok utama beras bagi DKI Jakarta dan daerah lainnya.

Baca juga: Malu Kepergok Berduaan di Kamar, Janda Muda di Sukabumi Gantung Diri

"Dengan melimpahnya produk pertanian ini, tentunya pasarnya pun sudah ada dimana Pemda Sumedang melalui BUMD Kampung Makmur bekerja sama dalam memasarkan produk pertanian dengan Pemda DKI Jakarta melalui BUMD PT Tjipinang Raya dan Food Station," tutur Dony, Senin (27/9/2021).

Dony mengatakan, melimpahnya hasil panen padi ini tak lepas dari upaya intensifikasi pertanian, salah satunya melalui pengembangan produksi padi dengan memanfaatkan Bio Gro di lahan pertanian di Kabupaten Sumedang.

Menurut Dony, Bio Gro telah diujicobakan untuk tanaman padi di pesawahan Pacuan Kuda Lingkungan Sindang Raja, Kelurahan Kotakaler, Kecamatan Sumedang Utara dan hasil panennya menunjukkan peningkatan produksi, bahkan mencapai dua kali lipat.

"Sumedang menjadi demplot untuk percontohan tanaman padi menggunakan Bio Gro. Hasilnya ada peningkatan, yang biasanya 4-5 ton per hektare kini bisa sampai 9 ton/hektare," ungkap Dony.

Baca juga: Edarkan 3,9 Kg Sabu, Sepasang Kekasih Dibekuk Polda Jatim

Dony sendiri sempat hadir di lokasi panen perdana padi di Demplot Sindang Raja Kelurahan Kotakaler bersama Ketua Umum Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) yang juga Asisten Staf Khusus Wakil Presiden (Wapres) RI, Guntur Subagja Mahardika, Minggu (26/9/2021) kemarin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)