Dengan Strategi dan Inovasi, Kalteng Maksimalkan Potensi Daerah

Minggu, 26 September 2021 - 11:20 WIB
loading...
Dengan Strategi dan Inovasi, Kalteng Maksimalkan Potensi Daerah
Doc. Pemprov Kalteng
A A A
PALANGKA RAYA - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran terus memaksimalkan perannya selaku Wakil Pemerintah Pusat, salah satunya dengan melakukan upaya-upaya untuk mengendalikan pandemi di wilayah Prov. Kalteng. Selain memaksimalkan kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Gubernur Sugianto Sabran juga melakukan terobosan-terobosan untuk menutup tahun 2021 dengan kondisi yang lebih baik.

Sektor ekonomi menjadi sektor yang sangat terpukul akibat pandemi. Kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat menjadi hambatan utama untuk bangkit ditengah pandemi, namun tidak ada pilihan lain, perekonomian harus bangkit dan beradaptasi untuk dapat bertahan hidup berdampingan dengan Covid-19 yang masih mengintai di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

Upaya-upaya telah dilakukan Pemerintah untuk membangkitkan ekonomi, di antaranya program PEN yang dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo disertai paket kebijakannya yang sangat membantu masyarakat untuk dapat agar tetap produktif dan mempertahankan daya beli masyarakat.

Beberapa target strategis untuk pertumbuhan ekonomi, dan pembangunan di Kalteng terus dikejar. Terlihat dari padatnya jadwal audiensi dengan pakar, dan para praktisi maupun akademisi yang dilakukan belakangan ini, untuk menyerap informasi yang tepat agar terobosan dan kebijakan yang diambil tepat.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Kotawaringin Timur, Sugianto Sabran melakukan Rapat Kerja (RAKER) dengan lima bupati di wilayah barat yakni Bupati Kotawaringin Timur, Bupati Kotawaringin Barat, Bupati Seruyan, Bupati Lamandau dan Bupati Sukamara, bertempat di Hotel Aquarius Sampit, Kamis (23/09/2021). Rapat untuk meningkatkan sinergitas pembangunan sekaligus mendengarkan permasalahan serta menggali potensi pada masing-masing Kabupaten.

Raker juga merumuskan langkah-langkah strategis upaya percepatan pemulihan ekonomi, yang dilandasi potensi dan peluang daerah masing-masing.

"Potensi daerah harus kita maksimalkan dengan strategi dan inovasi, agar percepatan pemulihan ekonomi dapat berjalan,” ucap Sugianto Sabran, saat memimpin Raker wilayah Barat.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga mendorong pertumbuhan UMKM, melalui pemanfaatan program PEN, pelatihan dan pendampingan. Vaksinasi juga tidak luput dari perhatian Sugianto untuk mempercepat pemulihan Ekonomi dimasa pandemi, vaksinasi harus dilaksanakan setiap hari untuk mempercepat pencapaian target vaksinasi.

“Pemulihan ekonomi harus berjalan, satu sisi vaksinasi covid-19 harus segera tuntas, untuk itu saya meminta kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan, agar vaksin untuk Kalteng segera ditambah, supaya akhir Oktober 2021 vaksinasi di Kalteng tuntas” kata Sugianto.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)