Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

5 Daerah di Jabar Bakal Capai Herd Immunity Lebih Cepat dari Target

loading...
5 Daerah di Jabar Bakal Capai Herd Immunity Lebih Cepat dari Target
Tenaga kesehatan melakukan vaksinasi bagi disabilitas di SLB Negeri Cicendo, Kota Bandung, Jabar, Sabtu (25/9/2021). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
BANDUNG - Program percepatan vaksinasi COVID-19 terus bergulir di Provinsi Jawa Barat. Berbagai upaya percepatan pun dilakukan, agar kekebalan kelompok atau herd immunity yang ditargetkan akhir Desember 2021 dapat tercapai.

Ketua Divisi Khusus Percepatan Vaksinasi COVID-19 Jabar, Dedi Supandi mengatakan, rata-rata capaian harian vaksinasi Jabar terus meningkat, dari yang awalnya hanya 194.000 dosis per hari menjadi 311.000 dosis per hari dan puncaknya pada 28 Agustus 2021 lalu yang mencapai 434.000 dosis per hari.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin: Beragam Sentra Vaksinasi Percepat Herd Immunity

Berdasarkan capaian tersebut, terdapat lima daerah dari total 27 kabupaten/kota di Jabar yang dinilai sukses menjaga ritme capaian vaksinasinya. Dia memprediksi, jika kondisi tersebut dapat terpelihara, maka kelima daerah tersebut bakal lebih cepat meraih herd immunity, yakni 11 Desember 2021 mendatang.



"Ada 5 kabupaten/kota yang kalau konstalasi ini terus dipelihara maka (vaksinasi) akan selesai di tanggal 11 Desember 2021, yakni Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Bogor, Kota Banjar, dan Kabupaten Sumedang," ungkap Dedi saat meninjau vaksinasi massal bagi warga disabilitas di SLB Negeri Cicendo, Jalan Cicendo, Kota Bandung, Sabtu (25/9/2021).

Baca juga: Pelaku Pembakar Mimbar Masjid Raya Makassar Ditangkap dan Diikat di Tiang Telepon

Meski begitu, lanjut Dedi, ada tiga kabupaten di Jabar yang capaian vaksinasinya terbilang masih rendah. Menurutnya, jika ketiga daerah ini tak mampu meningkatkan capaian vaksinasinya, maka herd immunity baru akan tercapai 2023 mendatang. Ketiga daerah tersebut, yakni Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Ciamis.

"Dari kesemuanya tadi, ada (daerah) yang selesai di tahun 2021, ada yang 2022, dan ada yang di 2023. Memang kalau dihitung rata rata, maka akan selesai di bulan Maret 2022," terangnya.

Agar target herd immunity di Jabar benar-benar dapat tercapai akhir Desember 2021, Dedi menekankan pentingnya kesamaan target vaksin, jumlah vaksinator, dan kesamaan capaian vaksinasi per bulan.

Oleh karenanya, pihaknya bakal banyak melibatkan tenaga kesehatan, termasuk bidan yang tersebar di Jabar, agar capaian vaksinasi dapat ditingkatkan.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top