Program Kekebalan Komunal, Desa Banjarsari Jadi yang Pertama Capai Vaksinasi 100 Persen

Kamis, 23 September 2021 - 23:09 WIB
loading...
Program Kekebalan Komunal,  Desa Banjarsari Jadi yang Pertama Capai Vaksinasi 100 Persen
Bantuan sumber air bersih dari Indonesia Pasti Bisa untuk warga Desa Banjarsari, Kecamatan Sukatani, Bekasi. Foto ist
A A A
BEKASI - Desa Banjarsari di Kecamatan Sukatani, menjadi desa pertama yang tingkat vaksinasinya mencapai 100 persen di wilayah Kabupaten Bekasi.Sebanyak 7.000 warganya telah disuntik vaksin sejak periode Agustus-September 2021.

Program Desa Kekebalan Komunal merupakan program kolaborasi Gerakan Indonesia Pasti Bisa dan Anak Bangsa Peduli bersama pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Peresmian Desa Kekebalan Komunal Banjarsari dilakukan secara simbolis pada Kamis, 23 September 2021.

Hadir dalam acara ini, antara lain Sekda Kabupaten Bekasi, Herman Hanapi, Camat Sukatani, Imam Faturochman dan Kepala Desa Banjarsari, Eri Akamardani bersama perwakilan Indonesia Pasti Bisa, Wanda Ponika selaku Direktur Global Humanitarian Response dan public figure Raffi Ahmad.

Sebagai bentuk apresiasi atas suksesnya program vaksinasi Desa Kekebalan Komunal Banjarsari ini, Gerakan Indonesia Pasti Bisa menyalurkan bantuan berupa penyediaan satu MCK dan tiga titik sanitasi air bersih di Desa Banjarsari.

Selain itu, juga disalurkan bantuan bagi warga desa yang membutuhkan, termasuk warga penyandang disabilitas dan bayi prematur, serta bantuan untuk mushola berupa sajadah dan mukena.

Sekda Kabupaten Bekasi, Herman Hanapi menyampaikan apresiasi kepada Gerakan Indonesia Pasti Bisa yang sukses melaksanakan program Desa Kekebalan Komunal. "Hal ini membawa manfaat dan dampak besar bagi warga desa di Banjarsari," ujar Hanapi, Kamis (23/9/2021).

Hanapi berharap, setelah seluruh warga disuntik vaksin, aktivitas dapat berjalan normal. Meski sudah disuntik vaksin, dia berharap semua warga tetap menjaga protokol kesehatan. "Kekebalan komunal bukan berarti bebas dari masker. Kita harus tetap menjaga prokes agar tubuh bisa tetap sehat, terhindar dari virus COVID-19” tuturnya.

Kepala Desa Banjarsari, Eri Alamardani mengakui bahwa keberhasilan program tersebut tidak lepas dari peran banyak pihak. Salah satunya Gerakan Indonesia Pasti Bisa.

"Support yang diberikan ini sangat membantu kami, dengan bantuan sembako, support makanan nakes, dan berbagai bantuan lainnya hingga program vaksinasi ini sukses sampai seluruh warga 100 persen tervaksin,” ungkapnya.

Wanda Ponika selaku Direktur Global Humanitarian Response Indonesia Pasti Bisa mengungkapkan, Desa Banjarsari adalah contoh pertama di Indonesia untuk Desa Kekebalan Komunal. Semua warga di sini sudah 100 persen tervaksinasi.

"Para pejabat desanya pun sudah membuat pakta integritas sejak awal program. Kini, saya dan Gerakan Indonesia Pasti Bisa mau memberikan apresiasi lebih kepada mereka dengan membuatkan saluran air bersih agar mereka bisa mendapatkan kebersihan jasmaniyang lebih layak,” jelas Wanda.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6170 seconds (0.1#10.140)