3 Tahun Ikuti Operasi Gratis MNC Peduli, Balita Ini Sembuh dari Bibir Sumbing

Rabu, 22 September 2021 - 13:20 WIB
loading...
3 Tahun Ikuti Operasi Gratis MNC Peduli, Balita Ini Sembuh dari Bibir Sumbing
Soco Jagat Gumilang (3), balita yang tinggal di lingkungan RT 02 RW 01 Tinjomoyo, Semarang, Jawa Tengah yang sembuh usai operasi bibir sumbing. SINDOnews/Angga
A A A
SEMARANG - Soco Jagat Gumilang (3), balita yang tinggal di lingkungan RT 02 RW 01 Tinjomoyo, Semarang, Jawa Tengah, awalnya terlahir dengan kondisi sumbing di bibir dan langit-langit mulutnya. Anak kedua dari Heri Fitriyono ini akhirnya telah tuntas melaksanakan operasi bibir sumbing pada awal September 2021.

Proses operasinya pun memiliki catatan tersendiri. Dimulai pada 2019, Soco telah mengikuti operasi gratis bibir sumbing pertamanya yang dihelat MNC Peduli dan Rumah Sakit Telogorejo, Semarang. Kemudian disusul operasi lanjutan pada Januari 2020.

Setelah usia tiga tahun, buah kesabaran kedua orang tua Soco akhirnya berbuah manis. Ia dapat menyelesaikan rangkaian operasi terakhir yaitu bedah pada langit-langit mulut pada September 2021.

Dengan operasi terakhir ini, diharapkan Soco dapat berbicara dan beraktivitas dengan normal selayaknya anak-anak pada usianya.

"Awalnya, sempat tidak bisa menerima kondisi anak saya yang seperti itu (bibir sumbing). Saat itu, saya sudah berupaya untuk pengobatan anak disalah satu rumah sakit. Namun karena keterbatasan biaya, akhirnya tidak bisa. Kemudian, ada pengobatan dengan BPJS, tapi anak saya malah sakit dan akhirnya tidak jadi," kata Nyonya Heri Fitriyono.

Selang beberapa waktu, kata dia, ada program bantuan operasi bibir sumbing gratis dari MNC Peduli. Selanjutnya, Soco bisa dioperasi. Setelah mengikuti serangkaian operasi, akhirnya Soco bisa normal kembali.

"Saya senang, anak saya sudah tidak seperti dulu lagi. Saya ucapkan terimakasih kepada MNC Peduli, Rumah Sakit Telogorejo dan semua pihak yang telah membantu Soco dan keluarga saya," ucapnya.

Dokter medical check up RS Telogorejo Aditya Hans Suwignjo mengatakan, sumbing merupakan penyakit bawaan. Pemicunya ada kelainan dalam kandungan. "Bisa ada gangguan dalam kalatum atau langit-langit sampai antara bibir dengan hidung," ujarnya.

Dia menilai, program kerjasama antara MNC Peduli dengan Rumah Sakit Telogorejo sangat bermanfaat terutama bagi masyarakat kurang mampu. "Saya berharap kerjasama ini bisa terus berlanjut sehingga akan semakin banyak anak-anak yang penderita bibir sumbing yang terbantu," katanya.

Ketua MNC Peduli Syafril Nasution mengungkapkan, bahwa operasi gratis bibir sumbing ini adalah kegiatan rutin MNC Peduli yang dilaksanakan untuk membantu masyarakat prasejahtera.

“Tentunya walaupun kita masih menghadapi pandemi, kita tidak boleh berhenti membantu masyarakat yang memiliki penyakit lainnya,” ucap Syafril di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (21/9/2021). Baca: Pemulangan Jenazah TKI Asal Lebak Tunggu Keputusan KBRI Malaysia.

Syafril berharap kerja sama dengan RS Telogorejo Semarang ini akan terus ditingkatkan, sehingga dapat membantu masyarakat lainnya.

Selain operasi bibir sumbing, MNC Peduli dan RS Telogorejo Semarang juga mengadakan operasi gratis lainnya yaitu operasi katarak dan operasi hernia untuk warga Semarang dan sekitarnya.

MNC Peduli merupakan wadah kegiatan sosial dari MNC Group dan seluruh unit usaha yang terafiliasi. Dalam menjalankan visi-misi, #mncpeduli melaksanakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat khususnya prasejahtera dan terdampak bencana. Baca Juga: Bikin Heboh, Kerajaan Angling Darma di Pandeglang Kini Dijaga Ketat dan Tertutup.

Tiga pilar utama yang dijalankan yaitu sosial, kemanusiaan, dan keagamaan, termasuk di dalamnya yang terkait dengan pendidikan, lingkungan, dan pembangunan infrastruktur. Simak pula aktivitas dan inspirasi kepedulian serta solidaritas yang diusung MNC Peduli di website mncpeduli.org.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3990 seconds (0.1#10.140)