Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Hebatnya Satuan Korps Hiu Kencana Koarmada II Bertugas dalam Senyap

loading...
Hebatnya Satuan Korps Hiu Kencana Koarmada II Bertugas dalam Senyap
Kapal Selam KRI Nagapasa-403 saat sandar di Dermaga Ujung Madura, Koarmada II Surabaya. Foto/Ali Masduki
SURABAYA - Korps Hiu Kencana, satuan dari TNI Angkatan Laut terus tabah menjaga kedaulatan NKRI. Sudah 62 tahun, prajurit pilihan ini bertugas dalam senyap.

Panglima Koarmada II, Laksda TNI Iwan Isnurwanto, mengatakan saat ini penambahan unit kapal selam dirasakan semakin mendesak mengingat kapal selam memiliki fungsi strategis baik di masa perang maupun disaat damai.

Baca juga: Tragis! Mahasiswi Cantik Unimed Tewas Hanyut Saat Mandi di Sungai Sirahar

Menyikapi kondisi tersebut, pemerintah dan TNI AL secara berkesinambungan terus berupaya agar pelaksanaan pengadaan kapal selam baru berteknolongi tinggi segera dapat direalisasikan.



Satuan Kapal Selam sendiri memiliki 4 KRI yakni KRI Cakra-401, KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404 buatan Korea Selatan, serta KRI Alugoro-405 yang dibangun di PT. PAL Indonesia.

Baca juga: Selama 8 Bulan, Jumlah Kendaraan Bermotor di Jawa Timur Bertambah 490.000 Unit

"Namun seiring upaya TNI AL memenuhi kekuatan armada kapal selamnya, kita diberi ujian dengan tenggelamnya KRI Nanggala-402 beserta 53 prajurit terbaik"

"Sehingga kini mereka berada dalam status On Eternal Patrol, menjaga laut Indonesia untuk selamanya," katanya melalui pesan tertulis disampaikan Kepala Staf Koarmada II Laksma TNI Rachmad Jayadi di Dermaga Kapal Selam, Senin (13/9/2021).

Dalam upacara tersebut, pasukan upacara yang terdiri dari prajurit KRI, Satkopaska, Penyelam, dan Satsel berada dibawah komando langsung Komandan Satsel Koarmada II Kolonel Laut (P) Wirawan Ady Prasetya selaku Komandan Upacara. Sedangkan untuk Pengucap Sapta Marga dipercayakan kepada Letda Laut (P) Agam.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top