Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Warga Biak dan Supiori Dapat Kesempatan Ikut Program Kartu Prakerja

loading...
Warga Biak dan Supiori Dapat Kesempatan Ikut Program Kartu Prakerja
Manajemen pelaksana program kartu prakerja berkunjung ke Biak untuk melakukan pendampingan kepada warga Kabupaten Biak Numfor dan Supiori yang ingin mengikuti program kartu prakerja. (Ist)
BIAK - Selama dua hari, 10-11 September 2021, manajemen pelaksana program kartu prakerja berkunjung ke Biak untuk melakukan pendampingan kepada warga Kabupaten Biak Numfor dan Supiori yang ingin mengikuti program kartu prakerja.

Ada 67 orang yang mengikuti kegiatan pendampingan, 42 orang berasal dari Kabupaten Biak dan 25 orang dari Kabupaten Supiori.

"Kami datang langsung ke Kabupaten Biak Numfor dan Supiori untuk meningkatkan kepesertaan warga di dua kabupaten ini karena kami memiliki komitmen untuk memberi kesempatan yang sama kepada seluruh masyarakat di 514 kabupatan dan kota," kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja , Denni Puspa Purbasari dalam keterangannya, Senin (13/9/2021).

Tingkat kepesertaan kartu prakerja di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori memang yang terkecil dibanding kabupaten/kota lain di wilayah Papua. Sejak program kartu prakerja diluncurkan, hanya ada 9 warga Kabupaten Supiori dan 84 warga Kabupaten Biak Numfor yang telah menjadi penerima kartu prakerja.



Warga Biak dan Supiori yang mengikuti kegiatan pendampingan pendaftaran datang dengan membawa KTP, Kartu Keluarga, dan smartphone. Smartphone diperlukan karena pendaftaran dilakukan secara online. Seluruh proses pendaftaran dilakukan sendiri oleh warga pada smartphone mereka dengan didampingi oleh tim kartu prakerja.

Denni mengatakan, dengan solusi digital, peserta kartu prakerja di Biak dan Supiori dapat menikmati pelatihan secara online, dengan instruktur-instruktur yang sama bagusnya dengan yang dinikmati oleh peserta di daerah lain.

"Dengan online kita dapat melakukan pemerataan atas kelangkaan instruktur maupun lembaga pelatihan. Kalau kita menggunakan cara-cara lama, solusi-solusi lama, maka barangkali masyarakat di dua kabupaten ini akan agak lama mengejar apa yang sudah dicapai oleh para peserta di daerah lain," ujarnya.

Selain mendampingi warga yang ingin mendaftar, manajemen pelaksana program kartu prakerja juga melakukan sosialisasi ke Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori agar ke depannya pemerintah daerah dapat mendampingi warganya.

"Kami menguatkan fungsi peran pemerintah daerah untuk melayani warga supaya bisa mengakses kartu prakerja," kata Denni.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top