Produksi Padi di Pangkep Meningkat di Tengah Pandemi

Selasa, 21 April 2020 - 17:45 WIB
loading...
Produksi Padi di Pangkep Meningkat di Tengah Pandemi
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep menyebut produksi padi di Pangkep mengalami kenaikan meski di tengah pandemi Covid-19. Foto: Istimewa
A A A
PANGKEP - Produksi para petani padi di Kabupaten Pangkep, tidak terlalu terpengaruh meski saat ini sedang mewabah Coronavirus Disease (COVID-19).

Buktinya, musim panen padi tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya meski di tengah gencarnya penanganan virus Covid-19 di berbagai daerah.

Plt Kepala Dinas Pertanian Andi Sadda, mengatakan produksi pani tahun ini tampak meningkat dibandingkan sebelumnya.

Ia menjelaskan, tahun 2019 lalu produksi padi mencapai 4-6 ton namun kini produksinya meningkat menjadi 7 ton per ha.

Selain produksi meningkat, lanjutnya masalah harga di tingkat petani juga melonjak yang sebelumnya, hanya Rp4.900 per kilogram yang sebelumnya hanya Rp4.300 per kilogramnya.

"Jika kita sibuk dengan pencegahan Covid-19, tapi petani masih bisa tersenyum, karena panen dan harga yang meningkat," kata Sadda.

Ia mengatakan petani Pangkep tidak banyak merasakan terdampak dengan wabah virus ini, karena usia pertanamannya sudah menjelang panen. Sehingga kata dia, tidak banyak lagi membutuhkan biaya, kecuali biaya panen saja.

"Varietas yang dibudidayakan tahun ini yakni Inpari 42 dan Inpari 32 dengan usia pertanaman 115 hari," katanya.

Pada pekan ketiga April ini, Pangkep memasuki musim panen padi dengan luasan mencapai 16.732 ha yang tersebar di 9 kecamatan daratan dan pegunungan. Sedangkan untuk musim gaduh diharapkan dapat cepat dilaksanakan dengan luasannya yang hanya separuh dari musim sebelumnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0856 seconds (0.1#10.140)