Lurah di Kabupaten Pangkep Diberi Penguatan Kapasitas

Rabu, 31 Agustus 2022 - 11:59 WIB
loading...
Lurah di Kabupaten Pangkep Diberi Penguatan Kapasitas
Suasana bimtek peningkatan kapasitas pemerintahan untuk para Lurah di Kabupaten Pangkep. Foto: Humas Pemkab Pangkep
A A A
PANGKEP - Lurah se-Kabupaten Pangkep mengikuti bimbingan teknis dan peningkatan kapasitas pemerintahan. Bimtek tersebut dihelat Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDM) Pangkep, Selasa (30/8/2022).

Kepala BKPSDM Kabupaten Pangkep, Fharmawati menerangkan, bimtek bagi lurah sangat penting, karena lurah merupakan motor penggerak dan garda terdepan yang ada di kelurahan.

Baca juga: Disdukcapil Pangkep Hadirkan Aplikasi ICore, Permudah Layanan Adminduk

“Sesuai dengan Permenpan 38 tahun 2017 bahwa, setiap pejabat harus memiliki kompetensi yakni kompetensi manajerial, soial struktural, teknik dan kompetensi pemerintahan. Nah, sekaitan dengan itu kewajiban ASN juga termasuk para lurah bahwa mereka harus memenuhi 20 jp sebagai kewajiban pengembangan kompetensi,” ungkapnya, dikutip di website Pemkab Pangkep .

Fharma menjelaskan, untuk tahun ini, bimtek baru pertama kali dilakukan untuk para lurah. Diharapkan, mereka ada penambahan pengetahuan serta wawasan, bagaimana melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan regulasi yang ada.

“Sebagai lurah, bukan hanya fungsi bahwa dia adalah pemimpin. Dia adalah penggerak, baik dari sisi pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan pelayanan. Sehingga, mereka perlu dibekali dan nanti implementasi di lapangan betul-betul mereka dapat melaksanakannya dan memberikan yang terbaik kepada masyarakat yang ada di wilayahnya,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap, materi-materi yang diberikan dalam bimtek dapat diimplementasikan dalam praktik.

Baca juga: 9 OPD Pemkab Pangkep Diberi Akses Data Kependudukan

“Ada beberapa materi yang kami berikan yaitu, optimalisasi pelayanan pajak bumi dan bangunan, membangun tim kerja, kemudian bagaimana menjadi pemimpin dan penggerak di kelurahannya, serta bagaimana mereka melakukan coaching dan mentoring kepada masyarakat sesuai dengan potensi dan kondisi wilayah masing-masing,” pungkasnya.

Ia pun menyampaikan pesan Bupati Pangkep untuk para lurah agar sekiranya para lurah mengedepankan pelayanan kepada masyarakat. Bagaimana melibatkan masyarakat dalam setiap aspek pembangunan, membangun kerja sama team yang ada di kelurahan dan tetap fokus dalam menunjang visi dan misi Pemkab Pangkep .
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1410 seconds (10.55#12.26)