Viral, Warga Pangkalpinang Temukan Duyung Terdampar di Pantai Pasir Padi

Jum'at, 10 September 2021 - 13:20 WIB
loading...
Viral, Warga Pangkalpinang Temukan Duyung Terdampar di Pantai Pasir Padi
Beredar sebuah video seekor duyung atau dugong ditemukan warga terdampar di Kawasan Wisata Pantai Pasir Padi. MPI/Haryanto
A A A
PANGKALPINANG - Beredar sebuah video seekor duyung atau dugong ditemukan warga terdampar di Kawasan Wisata Pantai Pasir Padi. Mamalia laut tersebut diduga ditemukan pada Jumat (10/9/2021) pagi.

Komunitas pecinta satwa Animal Lovers Bangka Island (Alobi) Foundation bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatra Selatan (BKSDA Sumsel), yang mendapat informasi langsung menuju lokasi untuk melakukan evakuasi.

Namun, saat tim tiba hewan dilindungi tersebut sudah dievakuasi warga dan belum diketahui keberadaanya. "Kami mendapat informasi pagi tadi ada duyung terdampar. Lokasinya di dekat Kawasan Pantai Pasir Padi," kata Ketua Alobi Foundation, Langka Sani.

Saat ini, katanya, tim sedang mencari keberadaan duyung tersebut untuk diselamatkan agar tidak mati. "Kabarnya sudah dibawa ke Desa Kurau, Kabupaten Bangka Tengah untuk dipotong. Ini tim lagi berpencar mencari keberadaannya dan memastikan kebenaran informasi tersebut," ujarnya. Baca: Kapal Terbakar di Maluku Utara, Asep Cemas dengan Nasib 3 Anaknya.

Dalam rekaman video amatir berdurasi 22 detik yang diunggah Langka Sani di akun media sosial Facebook-nya, terlihat sejumlah warga mengerumuni dugong yang terdampar di pinggir laut.

Dugong yang masih hidup dan diperkirakan berbobot ratusan kilo itu, terlihat sesekali injak warga sembari menawarkannya untuk dijual. "Putri Duyung, eh salah Putra Duyung. Tawaran terakhir Rp5 juta. Di atas Rp5 juta angkut yo," kata warga. Baca Juga: Ratusan Nelayan Serbu Kapal LCU di Perairan Selat Madura.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9222 seconds (0.1#10.140)