alexametrics

Gardu Induk Ungaran Jebluk, Listrik di 17 Daerah Jateng-DIY Padam

loading...
Gardu Induk Ungaran Jebluk, Listrik di 17 Daerah Jateng-DIY Padam
Pasokan listrik di Jateng DIY telah pulih 100% sejak Minggu (31/5/2020) pukul 06.00 WIB. FOTO Ilustrasi : DOK SINDOnews
A+ A-
SEMARANG - Di tengah pandemi COVID-19, warga di sejumlah wilayah Jawa Tengah dikejutkan dengan padamnya listrik pada Sabtu (30/5/2020) malam. Bahkan, padamnya listrik di tengah malam tersebut ramai di media sosial (medsos). Sejumlah warga maupun netizen saling sahut bertanya terkait lokasi dampak padamnya aliran listrik.

“Bapak-bapak, harap waspada listrik mati,” pinta Ketua RT 4 RW 5 Bulusan Tembalang, Hari Atmoko melalui grup WhatsApp (WA), Minggu (31/5/2020) pukul 00.11 WIB. “Keliatannya mati lampu hampir merata seluruh Semarang, Ungaran, Bawen juga...,” sahut tyoaji.(Baca Juga : PLN Gandeng UGM Tingkatkan Kualitas SDM lewat Beasiswa)

Dalam akun resmi Twitter PLN UID Jawa Tengah & DIY langsung memberi penjelasan, sebagai berikut : “Pukul 23.59 WIB terjadi gangguan jaringan tegangan menengah yang menyebabkan sebagian wilayah Jawa Tengah padam. PLN berupaya melakukan penormalan secepatnya. Kami mohon maaf sebesar besarnya atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.”



Ada 17 wilayah di Jateng-DIY terdampak ganggugan pada sistem transmisi yang mengalami pemadaman. Diantaranya :

1. Kabupaten Batang

2. Kota Pekalongan

3. Kabupaten Kendal

4. Kabupaten Semarang

5. Kota Semarang

6. Kabupaten Banyumas

7. Kabupaten Kebumen

8. Kota Cilacap

9. Kabupaten Kulon Progo

10. Kabupaten Purworejo

11. Kabupaten Temangung

12. Kabupaten Pemalang

13. Kabupaten Brebes

14. Kabupaten Banjarnegara

15. Kabupaten Purbalingga

16. Kabupaten Wonosobo

17. Kabupaten Magelang

Pasokan Listrik Pulih 100%
Sementara itu, PLN berhasil melakukan penormalan kembali seluruh gardu induk yang sebelumnya terdampak, akibat adanya gangguan sub sistem Gardu Induk Ungaran.

"Alhamdulillah pada hari Minggu (31/5/2020) pukul 06.00 WIB pasokan listrik di Jawa Tengah dan DIY sudah pulih 100 persen dan masyarakat dapat menggunakan listrik kembali", terang General Manager PLN UID Jateng & DIY, Feby Joko Priharto dalam siaran pers, Minggu (31/5/2020).

Sebelumnya, gangguan yang terjadi pada sub sistem Gardu Induk Ungaran pada pkl 23.59 WIB menyebabkan 32 gardu induk terdampak, hal ini menyebabkan aliran listrik di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DIY mengalami pemadaman.

Sejak pukul 01.00 wib dini hari, PLN secara bertahap berhasil melakukan penormalan kembali sejumlah gardu induk yang mengalami pemadaman.

"Upaya penormalan langsung dilakukan oleh PLN, dengan melakukan manuver memberikan pembebanan pada GI yang terganggu secara pertahap, dan saat ini semua gardu induk telah beroperasi normal," jelasnya.
(nun)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak