alexametrics

Yonzipur 10 Divif 2 Kostrad Punya M3 Amphibious Pontoon, Apa Itu?

loading...
Yonzipur 10 Divif 2 Kostrad Punya M3 Amphibious Pontoon, Apa Itu?
Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto mengecek alutsista baru milik Yonzipur 10 Divif 2 Kostrad, M3 Amphibious Pontoon. Foto/Dok.Penerangan Divif 2 Kostrad
A+ A-
PASURUAN - Yonzipur 10 Divif 2 kostrad, secara bertahap mendapatkan tambahan kekuatan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) baru, guna mendukung pelaksanaan tugas yang diemban oleh satuan ini.

(Baca juga: 2 Jenderal TNI Pantau Kesiapan Pasukan Penanggulangan Bencana)

Salah satu alutsista baru milik salah satu satuan elit di tubuh TNI AD yang bermarkas di Kabupaten Pasuruan tersebut, adalah M3 Amphibious Pontoon dan Treva-15 (Heavy Duty Recovery Vehicle).



Pangdivif 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto menyempatkan diri meninjau langsung alutsista baru yang dimiliki oleh Yonzipur 10 Divif 2 Kostrad tersebut, didampingi oleh Danyonzipur 10 Divif 2 Kostrad, Letkol Czi Dendi Rahmat Subekti.

Dendi Rahmat menjelaskan, M3 Amphibious Pontoon merupakan kendaraan amfibi yang dapat bergerak baik di darat mapun diperairan. "Sedangkan Treva-15 adalah jenis kendaraan evakuasi dan pemulihan yang bersifat taktis," jelasnya.

(Baca juga: Akhiri PSBB Malang Raya, Tidak Ada Penambahan Positif COVID-19)

Dalam kesempatan ini, Tri Yuniarto menyampaikan, alutsista baru yang diterima ini adalah bentuk kepercayaan pimpinan TNI AD kepada Yonzipur 10 Divif 2 Kostrad, yang diharapkan dapat mendukung pelaksanaan tugas pokok yang dipercayakan kepada Yonzipur 10 Divif 2 Kostrad.

"Seperti kita ketahui, M3 Amphibious ini dilengkapi dengan dua sisi pontoon, yang apabila digelar dapat berfungsi sebagai jembatan maupun rakit dimana mampu menahan beban seberat 70 ton untuk kendaraan beroda, dan 85 ton untuk kendaraan berantai. Sedangkan Treva-15 merupakan kendaran dengan empat pintu kabin yang berfungsi unuk mengangkut kru kendaraan yang di evakuasi, serta mampu mengangkut beban hingga 30 ton," terangnya.

"Saya berpesan, alutsista ini harus bisa dioperasionalkan secara profesional, terutama bagi personel yang mengawakinya. Laksanakan pengecekan dan pemeliharaan secara berkala, sehingga alutsista baru yang dimiliki saat ini dapat mendukung tugas pokok Yonzipur 10 Divif 2 Kostrad," pungkas jenderal bintang dua ini.
(eyt)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak