Uji Coba Ganjil Genap, Timbul Kemacetan di Gerbang Tol Padalarang

Jum'at, 03 September 2021 - 21:04 WIB
loading...
Uji Coba Ganjil Genap, Timbul Kemacetan di Gerbang Tol Padalarang
Petugas mengatur kendaraan dari arah barat (Cianjur) saat uji ganjil dan genap di pintu masuk ke Gerbang Tol Padalarang, KBB, Jumat (3/9/2021). Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Uji coba ganjil genap bagi kendaraan yang hendak masuk ke Gerbang Tol Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat menimbulkan kemacetan, Jumat (3/9/2021).

Penerapan ganjil genap ini sebagai upaya untuk menekan mobilitas orang dan kendaraan selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3, dalam memutus penyebaran COVID-19.

Baca juga: Ganjil Genap di 5 Pintu Tol, Kadishub: Hanya Berlaku bagi Kendaraan Plat Nomor Luar Bandung

Pantauan MNC Portal Indonesia (MPI), selama dilakukan uji coba aturan ganjil genap ini sempat terjadi kemacetan kendaraan. Selain karena adanya peningkatan volume kendaraan, banyak pengendara yang bingung harus melaju di lajur ganjil atau genap.

Meski papan petunjuk yang dipasangi tulisan yang mengarahkan kendaraan berpelat nomer ganjil dan genap telah disiapkan oleh petugas. Namun tetap pengguna kendaraan masih kebingungan. Sehingga akibat ada perlambatan kendaraan menimbulkan kemacetan.

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto mengatakan, uji coba aturan ganjil genap kendaraan ditujukan untuk membatasi mobilitas masyarakat pada akhir pekan. Terutama bagi masyarakat luar daerah yang ingin ke Bandung.

Baca juga: Bandung Terapkan Ganjil Genap di 5 Gerbang Tol, Ini Daftar Lokasinya

Dikarenakan hari ini tanggal 3 maka kendaraan yang bisa masuk ke tol yang berpelat nomor ganjil. "Hari ini yang pelat nomor ganjil yang bisa masuk tol. Sementara kendaraan yang nomornya genap diputar balik atau luruskan ke jalan arteri," ucapnya.

Menurutnya, dilaksanakan penerapan aturan ganjil genap kendaraan itu dilaksanakan pada jalur dari arah Padalarang menuju Bandung. Khususnya terhadap kendaraan roda empat bernomor polisi dari luar daerah yang akan memasuki Gerbang Tol Padalarang.

"Aturan ganjil genap kendaraan di Gerbang Tol Padalarang ini dilakukan selama 24 jam setiap akhir pekan, selama penerapan PPKM," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1942 seconds (0.1#10.140)