Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Jelang PTM, Pemkot Palembang Vaksin Ratusan Ribu Pelajar

loading...
Jelang PTM, Pemkot Palembang Vaksin Ratusan Ribu Pelajar
Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melakukan vaksinasi COVID-19 bagi 192.671 menjelang diberlakuannya PTM pada pekan depan, yakni 6 September 2021. Foto SINDOnews
PALEMBANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melakukan vaksinasi COVID-19 bagi 192.671 menjelang diberlakuannya pembelajaran tatap muka (PTM) pada pekan depan, yakni 6 September 2021.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Fauzia mengatakan, rincian vaksinasi bagi kalangan pelajar diantaranya bagi Sekolah Dasar (SD) kelas 6 sebanyak 30.243 orang, SMP 84.629 orang, dan SMA sebanyak 77.799 orang.

"Dari total sasaran vaksinasi pelajar berjumlah 192.671 siswa, saat ini yang sudah divaksin baru 245 anak," ujar Fauzia, Kamis (2/9/2021). Baca juga: Satgas IDI Tegaskan Akses dengan Sertifikat Vaksin Covid-19 Bukan Diskriminasi dan Konspirasi

Fauzia mengatakan, vaksinasi untuk anak berusia 12 tahun hingga 17 tahun sudah dimulai sejak 2 Juli lalu. Terkait pemberian vaksin pada anak jika terdapat kontra indikasi tertentu pada anak yang berbeda dengan dewasa."Untuk itu saat pelaksanaan vaksinasi perlu didampingi orangtua dan ada sesi wawancaranya juga," jelasnya.



Menurutnya, saat ini vaksin Sinovac juga sudah tersedia di gudang farmasi. Namun, saat ini vaksin yang tersedia tersebut belum cukup untuk memvaksinasi secara menyeluruh.

Sedangkan untuk tempat pelaksanaan vaksinasi pelajar dan anak bisa dilakukan di Puskesmas dan layanan kesehatan lainnya seperti rumah sakit. "Tapi ini nanti akan kita koordinisaikan lagi dengan Dinas Pendidikan untuk melakukan vaksinasi di sekolah," katanya.

Sementara itu Wakil Walikota Palembang Fitrianto Agustinda mengatakan, menjelang PTM yang tinggal beberapa hari lagi, Pemkot Palembang akan melakukan vaksinasi massal bagi pelajar berusia 12-18 tahun. "Vaksinasi massal pelajar ini rencananya akan kita lakukan bersamaan dengan dimulainya PTM terbatas pada 6 September nanti," ujar Fitrianti.

Untuk pelaksanaannya, lanjut Fitrianto, akan dilakukan secara bertahap. Vaksinasi tahap pertama akan dilakukan di 2 sekolah yakni SMP Negeri 9 dan SMP Negeri 10.

"Vaksinasi ini dialokasikan oleh Badan Intelejen Negara (BIN), dan serentak di Indonesia serta disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo," katanya.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top