Patilasan Sembah Agung, Wisata Religi di Pangandaran yang Penuh Pesona

Selasa, 31 Agustus 2021 - 09:01 WIB
loading...
Patilasan Sembah Agung, Wisata Religi di Pangandaran yang Penuh Pesona
Lokasi Patilasan Sembah Agung sebagai salah satu wisata religi di Pangandaran. (Ist)
A A A
PANGANDARAN - Selain memiliki wisata laut, pegunungan dan air Kabupaten Pangandaran juga memiliki potensi wisata religi . Banyak peninggalan sejarah dan kebudayaan yang bisa dikelola agar potensi wisata religi bisa dijadikan promosi wisata ke publik.

Salah satu contoh lokasi wisata religi yang saat ini sudah mulai ramai dikunjungi di antaranya Patilasan Sembah Agung. Lokasi itu berada di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

"Waktu tertentu banyak penziarah yang datang ke Patilasan Sembah Agung," kata Kepala Seksi Industri Pariwisata di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Dadang Koswara.

Dadang menambahkan, selain lokasi Patilasan Sembah Agung, beberapa lokasi wisata yang tersebar di beberapa Desa yang ada di Kabupaten Pangandaran juga memeiliki sejarah dan ceritra rakyat. "Ada tempat wisata yang memiliki sejarah dan ada juga yang memiliki ceritra rakyat," tambahnya.

Untuk memaksimalkan promosi dan pengembangan wisata religi, Dadang meminta kepada agen penyalur wisata dan pemandu wisata untuk mulai menyosialisasikan kepada pengunjung. "Kami sudah bekali mereka pemandu wisata dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan," jelas Dadang.

Materi yang disampaikan di antaranya pengembangan atraksi cagar budaya di Indonesia. "Dalam pembekalan tersebut diisi oleh pemateri dari Sekolah Tinggi Pariwisata, HPI Jawa Barat dan HPI Kabupaten Pangandaran," terangnya. Baca: Terjaring Razia Penyekatan, Pemotor di Boyolali Ngamuk Rusak Motornya Sendiri.

Pemandu wisata dibekali informasi pengembangan cagar budaya supaya menjadi destinasi wisata yang layak dikunjungi. "Wisatawan yang berkunjung harus merasa nyaman saat dipandu berkunjung kelokasi yang mereka tuju," sambung Dadang.

Dadang optimis Kabupaten Pangandaran kedepan bisa mengembangkan potensi situs yang ada untuk dijadikan tempat yang layak dikunjungi.Baca Juga: Tangis Ibu di Medan Pecah Melihat Anaknya Diringkus Polisi Saat Tawuran.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)