Waspada Potensi Banjir dan Longsor, Curah Hujan Diprediksi Naik 40 Persen

Minggu, 29 Agustus 2021 - 16:10 WIB
loading...
Waspada Potensi Banjir dan Longsor, Curah Hujan Diprediksi Naik 40 Persen
Waspadai potensi banjir dan longsor pada musim hujan yang sebentar lagi datang.Foto/ilustrasi
A A A
BANDUNG - Wilayah Bandung raya diprediksi bakal memasuki masa pancaroba pada awal September 2021, di mana terjadi peralihan antara musim kemarau ke musim hujan. Masa pancaroba diprediksi bakal lebih lama, lantaran musim hujan untuk wilayah Bandung Raya diprediksi akan di mulai pada awal Oktober 2021.

Menurut Kepala BMKG Stasiun Bandung Teguh Rahayu, sifat musim hujan di wilayah Bandung raya diprediksi bersifat di atas normal (AN). Status ini berpotensi terjadi peningkatan curah hujan antara 20% - 40% lebih tinggi dari kondisi normalnya.

"Kondisi hujan diatas normal diprediksi akan memicu peningkatan potensi kejadian bencana hidrometeorologi di wilayah Bandung raya. Beberapa potensi kejadian bencana yang mungkin terjadi diantaranya banjir, tanah longsor, hujan es, hingga angin kencang atau puting beliung," beber Teguh, Minggu (29/8/2021).

Baca juga; Musim Hujan Datang Lebih Awal, Waspadai Potensi Bencana Masa Pancaroba di Bandung Raya

Kondisi peningkatan potensi bencana tersebut diprediksi akan mulai terjadi sejak dasarian II September (tanggal 10 hingga 20) hingga puncak musim hujan di bulan Januari 2022. "Kami memprediksi puncak musim hujan akan terjadi pada bulan Januari 2022," jelas dia.

Secara detail, wilayah Bandung Raya akan memasuki musim peralihan (pancaroba) pada bulan September. Pada dasarian I September, potensi jumlah hari hujan adalah 6 hari, dengan 20% peluang hujan yang terjadi adalah hujan lebat disertai dengan kilat dan angin kencang.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)