Tinggal di Gubuk Reyot, Mak Karyem Dapat Bantuan Wabup Karawang

Minggu, 29 Agustus 2021 - 06:01 WIB
loading...
Tinggal di Gubuk Reyot, Mak Karyem Dapat Bantuan Wabup Karawang
Wabup Karawang Aep Syaepuloh bersama Mak Karyem. SINDOnews/Nila
A A A
KARAWANG - Mimpi Mak Karyem (60), warga Dusun Pacogreg, Desa Cilewo, Kecamatan Telagasari, Karawang, memiliki rumah layak huni akhirnya terkabul sudah. Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh berjanji dalam waktu segera akan membangun rumah Mak Karyem yang saat ini sudah tidak layak untuk ditinggali.

"Memang rumah bilik Mak Karyem ini sudah tidak layak untuk ditempati. Kerusakannya sudah banyak hingga tidak nyaman sebagai tempat tinggal. Kami akan bantu perbaiki rumah Mak Karyem biar lebih layak," kata Aep Syaepuloh, saat berkunjung kerumah Mak Karyem, Sabtu (28/8/21).

Mak Karyem, pensiunan buruh tani ini memang pantas untuk dibantu karena rumah bilik miliknya sudah rusak karena bolong dimana-mana. Bahkan siapapun bisa masuk tanpa melalui pintu depan karena dinding samping kanan dan kiri sudah robek. Bahkan ketika hujan turun air masuk dari atas dan samping kiri kanannya bilik.

Kemiskinan akut dialami Mak Karyem usai dirinya pensiun dari buruh tani karena usia yang sudah tua. Jangankan membangun rumah, untuk menjalani hidup saja masih membutuhkan pertolongan tetangganya. "Mak Karyem hidup dari bantuan tetangganya. Dia sudah sakit dan tinggal sendiri. Anaknya tinggal jauh dan jarang datang," kata Aep.

Menurut Aep, dia mendapat informasi jika ada warganya yang tinggal sendirian dan hidupnya kesusahan. Apalagi rumah yang ditempatinya sudah tidak layak. "Ada yang menghubungi saya terkait Mak Karyem ini. Setelah kita ketahui kebenaran informasi ini saya langsung datang melihat sendiri. Kondisinya memang layak dibantu," katanya. Baca: Tangis Pecah di Palopo, Petugas Gabungan Evakuasi Bayi dTan Lansia Dari Kepungan Banjir.

Aep mengaku pemerintah akan membantu Mak Karyem. Hal yang pertama memperbaiki rumah Mak Karyem agar layak ditempati. Selain itu Mak Karyem akan mendapat bantuan agar hidupnya tindak lagi mengandalkan tetangga. "Iya kita akan bantu terkait kehidupan sehari-harinya. Karena dia sudah tidak bisa bekerja," katanya.

Sementara itu, Mak Karyem dengan terbata-bata mengaku terharu dengan bantuan yang diterimanya. Dia mengaku seperti mimpi melihat Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh mendatangi rumahnya. "Seneng banget bisa diperhatiin Pak Wabup. Karena kehidupan sehari-hari saya hanya mengandalkan uluran tangan dari tetangga dan saudara-saudara terdekat," katanya. Baca Juga: Ibu dan Anak Gadisnya Dibunuh dan Ditelanjangi, Ini Alasan Polisi Lakukan Tes DNA Saksi.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2073 seconds (0.1#10.140)