Banyak Kambing Mati Misterius, Peternak di Gunungkidul Patroli ke Goa

Kamis, 26 Agustus 2021 - 16:03 WIB
loading...
Banyak Kambing Mati Misterius, Peternak di Gunungkidul Patroli ke Goa
Warga memasang pagar lebih tinggi dan meningkatkan patroli, usai 15 ekor kambing mati misterius. Foto/iNews TV/Kismaya
A A A
GUNUNGKIDUL - Mengantisipasi serangan binatang buas yang semakin meresahkan, warga dan Pemerintah Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, melakukan peningaktan pengawasan binatang ternak milik mereka yang berada di area persawahan.



Selain dengan memperbaiki dan memperkokoh pagar, warga juga menggelar patroli secara acak agar dapat menghindari risiko kerugian akibat serangan binatang buas yang setiap tahunnya selalu terjadi.



Langkah antisipasi ini dilakukan warga Kalurahan Purwodadi, pasca belasan kambing mati akibat teror hewan buas. Sesekali, warga juga memeriksa sejumlah mulut goa yang berada di lokasi tersebut, untuk memastikan bahwa tidak ada biantang buas yang bersembunyi di area persawahan.



Serangan binatang buas terhadap hewan ternak ini, selalu warga setiap tahun. Di mana letak kandang kambing yang berada 4-6 km dari permukiman warga, membuat mereka tidak dapat memantau binatang ternak mereka setiap saat

Warga sendiri memutuskan untuk menaruh kambing di lokasi persawahan, karena memang Kalurahan Purwodadi berada paling ujung Gunungkidul, dengan kondisi area perbukitan yang luas. Menempatkan hewan ternak di persawahan, memudahkan mereka dalam memberikan makanan.



Menurut Lurah Purwodadi, Sagiyanto hewan buas bisa saja bersembunyi di tempat yang gelap seperti goa. Meski sempat ditelusuri hingga ke mulut goa, namun tidak ditemukan ada tanda-tanda jejaknya. "Bisa saja hewan buas bersarang di lain goa, lantaran di wilayah tersebut merupakan perbukitan dan banyak memiliki mulut goa," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2448 seconds (0.1#10.140)