Bapak-Anak di Banjarnegara Hanyut Tersapu Arus Sungai saat Mancing

Selasa, 21 April 2020 - 14:10 WIB
loading...
Bapak-Anak di Banjarnegara Hanyut Tersapu Arus Sungai saat Mancing
Tim SAR gabungan mencari bapak dan anak yang hanyut tenggelam di Sungai Merawu, Desa Rakitan, Banjarnegara, Selasa (21/4/20/20). FOTO/Dok Basarnas Jateng
A A A
BANJARNEGARA - Bambang Suroso (59) dan Rahmadhani Asmara Gama (18), warga RT 06/RW 01, Desa Rakitan, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara diduga hanyut di Sungai Merawu, Selasa (21/4/2020). Hingga saat ini korban masih dalam pencarian oleh tim SAR gabungan.

Kepala Basarnas Semarang, Nur Yahya mengungkapkan, awalnya bapak dan anak tersebut mancing di Sungai Merawu di Desa Rakitan, Kabupaten Banjarnegara, Senin (20/04/20) pukul 19.00 WIB. Tak lama kemudian hujan deras turun.

"Ada saksi yang melihat keduanya mancing di atas batu di tengah-tengah sungai. Pada saat hujan turun, saksi berteduh. Setelah hujan mereda saksi kembali ke pinggir sungai dan mendapati kedua korban sudah tidak ada lagi," kata Nur Yahya. "Diduga air sungai meluap dan keduanya hanyut terbawa arus yang sangat deras," ungkapnya.

Atas kejadian itu, Koordinator Basarnas pos SAR Wonosobo Hardi Amanurijal telah memberangkatkan 1 tim rescue untuk melakukan operasi pencarian dan pertolongan disertai peralatan SAR air.

"Rencana operasi tim SAR gabungan dibagi menjadi 3 Search Rescue Unit (SRU), SRU 1 penyisiran menggunakan rafting boat dari TKP sampai depo pasir Semampir, SRU 2 penyisiran susur sungai darat dari TKP sampai depo pasir Jenggawur, dan SRU 3 penyisiran menggunakan Landing Craft Rubber dari depo pasir Semampir sampai Bendungan Mrican," kata Hardi.

Saat ini kondisi kedalaman Sungai Merawu antara 50 cm hingga 3 meter dengan karakteristik sungai berbatu dan lebar sungai mencapai 20 meter. "Cuara mendung, semoga tim SAR gabungan diberi keselamatan dalam pencarian dan kedua korban cepat ditemukan," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)