Pasar Kembang Ludes Terbakar, Ini Deretan Pasar Legendaris di Surabaya yang Sempat Dilalap Api

Senin, 23 Agustus 2021 - 02:23 WIB
loading...
Pasar Kembang Ludes Terbakar, Ini Deretan Pasar Legendaris di Surabaya yang Sempat Dilalap Api
Proses pembasahan selesai dilakukan petugas PMK yang bisa menjinakan api di Pasar Kembang. Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Satu-satu pasar tradisional yang legendaris di Kota Surabaya, bertumbangan. Pasar Kembang yang terbakar hebat pada Minggu (22/8/2021) sore, menjadi satu dari sekian banyak pasar tersohor yang habis dilalap kobaran api.



Sebelum Pasar Kembang, masih teringat dari benak warga Surabaya, Pasar Turi terbakar hebat. Setelah itu Pasar Blauran, Pasar Loak, serta Pasar Tunjungan. Namun, dari sekian banyak pasar yang terbakar itu, kejadian terbakarnya Pasar Turi paling menyita perhatian.



Untuk memadamkan api yang melalap Pasar Turi, petugas pemadam kebakaran harus seharian berjibaku di lokasi kebakaran. Bahkan, Pasar Turi sempat terbakar berkali-kali sampai saat ini belum bisa pulih.



Selama ini, Surabaya memiliki cerita unik dengan keberadaan pasar yang sudah berdiri puluhan tahun yang lalu. Termasuk Pasar Kembang yang begitu populer bagi warga Surabaya dan sekitarnya.

Pasar yang menjadi tempat jual beli kebutuhan pokok, pusat kuliner serta pasar yang berada di kawasan padat penduduk itu, menjadi saksi sejarah perjalanan Surabaya dalam lintas zaman.



Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Surabaya, Dedik Irianto menuturkan, lokasi Pasar Kembang memang berada di pusat transportasi Kota Surabaya. Posisi pasar yang menyambungkan kawasan Surabaya Barat, dan pusat kota menyebabkan kemacetan yang luar biasa saat pemadaman tadi. "Masih terus diselediki penyebab utamanya. Tapi temuan awal api memang dari salah satu kios di lantai 2," katanya.

Proses pembasahan pun sudah diselesaikan. Saat ini lalu lintas di Jalan Pasar Kembang juga mulai lancar. Termasuk jalan utama yang ada di sekitar lokasi pasar seperti Jalan Diponegoro, Jalan Arjuno, maupun Jalan Kedungdoro.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2315 seconds (0.1#10.140)