Publikasi Prestasi lewat Digital Kuatkan Citra Positif Madrasah

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 18:33 WIB
loading...
Publikasi Prestasi lewat Digital Kuatkan Citra Positif Madrasah
Plt Kepala Kanwil Kemenag Jambi Zoztafia (kanan atas) saat webinar Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Kehumasan dan Publikasi Prestasi Madrasah di MAN Insan Cendekia Kota Jambi, Jumat (20/8/2021). Foto/Ist
A A A
JAMBI - Publikasi secara digital kini menjadi strategi efektif untuk memperkuat citra positif madrasah di Indonesia. Dengan menampilkan prestasi-prestasi siswa, guru maupun tenaga kependidikan lainnya, masyarakat kian memberikan perhatian besar terutama pada kualitas madrasah.

Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi, Zoztafia menyampaikan hal tersebut saat membuka webinar 'Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Kehumasan dan Publikasi Prestasi Madrasah' di MAN Insan Cendekia Kota Jambi, Jumat (20/8/2021).

Zoztafia menyatakan, pengelola madrasah saat ini harus mengubah cara pandang dalam memajukan lembaganya. "Kita tak bisa lagi mengelola dengan manual dan lambat, apalagi komitmen Menag Yaqut pada digitalisasi di institusi Kemenag ini sangat besar dan sekarang sudah banyak dijalankan," ujarnya.

Melihat langkah serius perubahan ini, dia mendorong para pengelola kehumasan madrasah bisa mengimbangi dengan gerak responsif dan membuat program taktis. Di saat pandemi ini, menurutnya, menjadi momen tepat bagi tenaga kehumasan untuk menata ulang model publikasinya, yakni dengan memadukan teknologi digital.

Baca juga: Tahap II, Kemenag Salurkan 4,6 Juta Bantuan Paket Data untuk Siswa Madrasah

Dia mengapresiasi model publikasi madrasah sebagaimana yang ditunjukkan oleh MAN Insan Cendekia (IC) Kota Jambi. Secara kontinyu, tim humas MAN IC sangat aktif memproduksi dan menayangkan prestasi siswa maupun guru.

Menurut Zoztafia, tantangan ke depan adalah bagaimana memaksimalkan produk dengan mendistribusikan ke berbagai platform digital. "Publikasi ini memberi dampak besar, minat masyarakat menyekolahkan anaknya di MAN IC terus meningkat dari tahun ke tahun. Stakeholder di Jambi juga semakin mendukung peningkatan kualitas madrasah," tandasnya.

Baca juga: Kisah Kesaktian Eyang Bintulu Aji, Sang Pamomong Wahyu Keraton Mataram

Kepala MAN IC Kota Jambi Zakiah mengakui, publikasi khususnya di ranah digital saat ini tak terhindarkan seiring kemajuan teknologi. Atas dasar itu, pihaknya membuat program khusus penguatan pada bidang kehumasan.

Selain memaksimalkan web internal, pihaknya juga menjalin dengan produk publikasi lain seperti dari kantor Kemenag wilayah dan pusat. "Sehingga konten kita berkualitas dan berjejaring kuat. Reputasi meningkat dan publik pun makin percaya dengan apa yang kita tampilkan. Melalui webinar ini saya sangat berharap madrasah-madrasah lain bisa terpacu untuk meningkatkan publikasinya," jelasnya.

Pembicara webinar lainnya, Sub Koordinator Humas Pendis Kemenag, Sholla Taufiq mengatakan, humas madrasah memiliki peran yang strategis dalam membangun citra positif Kemenag.

Oleh karena itu, dia meminta para humas untuk lebih aktif berkarya seperti memberitakan kegiatan di madrasah. Pihaknya siap membantu meningkatkan keterampilan menulis para humas seperti dengan pelatihan atau memfasilitasi penayangan konten.

Webinar 'Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Kehumasan dan Publikasi Prestasi Madrasah' yang digelar oleh MAN IC Kota Jambi diikuti 87 tenaga humas MAN dan MTs negeri di seluruh provinsi Jambi. Pembicara lain yang hadir mengisi kegiatan ini adalah Asisten Staf Khusus Menag A Hakim dan content writer Humas Pendis Kemenag Mujiburahman.

Plt Kepala Kanwil Kemenag Jambi Zoztafia (kanan atas) saat webinar 'Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Kehumasan dan Publikasi Prestasi Madrasah' di MAN Insan Cendekia Kota Jambi, Jumat (20/8/2021). Foto/Ist
(shf)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1533 seconds (11.252#12.26)