Akses KPR FLPP bank bjb, Punya Rumah Subsidi Lebih Mudah

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 12:31 WIB
loading...
Akses KPR FLPP bank bjb, Punya Rumah Subsidi Lebih Mudah
bank bjb sudah cukup lama memfasilitasi masyarakat mendapatkan KPR FLPP. bank bjb setiap tahunnya berhasil memperoleh kepercayaan pemerintah berkat portofolio penyaluran KPR FLPP /Foto Istimewa
A A A
BANDUNG - Memiliki rumah sendiri menjadi idaman setiap orang, termasuk bagi keluarga muda yang baru saja merajut rumah tangga. Karena, dengan hidup mandiri, keluarga bisa melakukan perencanaan keluarga lebih matang tanpa campur tangan orang lain.

Akan tetapi, memiliki rumah sendiri bukanlah perkara mudah. Perlu komitmen dan dana yang tidak sedikit untuk mendapatkan tempat tinggal idaman. Tidak sedikit masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tak dapat membeli rumah. Alasannya persepsi perlu uang cash cukup banyak untuk memiliki.

Padahal tidak demikian adanya. Jika Anda telah memiliki sedikit dana cash untuk uang muka atau down payment (DP), Anda bisa memanfaatkan rumah subsidi. Fasilitas pemerintah bersama perbankan ini, bisa diakses melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Pekerjaan (FLPP).

Untuk mengakses KPR FLPP, Anda bisa mendapatkannya melalui bank bjb. Bank yang kantor pusatnya berkedudukan di Kota Bandung ini merupakan salah satu bank yang ditunjuk pemerintah untuk menyalurkan pembiayaan rumah subsidi atau KPR FLPP.

KPR FLPP sendiri adalah fasilitas kredit rumah bersubsidi bagi MBR, yaitu para pekerja dengan penghasilan rendah. Karena, dengan fasilitas KPR FLPP ini cicilan bulanan cukup terjangkau, di bawah Rp900 ribu per bulan. Rumah yang didapat pun layak bagi keluarga kecil.

bank bjb sendiri sudah cukup lama memfasilitasi masyarakat mendapatkan KPR FLPP. bank bjb setiap tahunnya berhasil memperoleh kepercayaan pemerintah berkat portofolio penyaluran KPR FLPP yang terbilang mengesankan sepanjang tahun.

Pada 2020, bank bjb tercatat berhasil menyalurkan KPR FLPP untuk pembiayaan 5.386 unit hunian atau 102 persen dari target realisasi pembiayaan untuk 5.275 unit. Angka penyaluran yang melebihi target kuota ini mengulangi keberhasilan perusahaan pada 2019 di mana bank bjb berhasil melebihi target distribusi pembiayaan KPR FLPP dengan realisasi 100,05 persen dari target.

Keberhasilan pelampauan target penyaluran KPR ini menjadi salah satu instrumen penilaian yang dilakukan Kementerian PUPR. Bank pelaksana yang menandatangani PKO telah dievaluasi oleh PPDPP Kementerian PUPR berdasarkan hasil evaluasi kinerja realisasi penyaluran Dana FLPP sejak triwulan I hingga triwulan IV tahun 2020.

Kepercayaan itu didasarkan pada unsur penilaian kinerja dalam proses verifikasi. Kemudian hasil pemantauan lapangan terkait ketepatan sasaran, termasuk dukungan pelaksanaan, serta indikator kinerja keuangan.

Pada 2021, bank bjb menargetkan penyaluran pembiayaan KPR FLPP untuk sekitar 5.700 unit pada tahap awal. Untuk mencapai target ini, bank bjb telah mempersiapkan strategi khusus termasuk dengan menyusun segmen prioritas nasabah kategori MBR, serta memetakan kawasan potensial bagi penyaluran KPR FLPP.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2261 seconds (0.1#10.140)