Kwartir Cabang Pramuka Maluku Barat Daya Gelar Upacara Peringati Hari Pramuka ke-60

Rabu, 18 Agustus 2021 - 15:23 WIB
loading...
Kwartir Cabang Pramuka Maluku Barat Daya Gelar Upacara Peringati Hari Pramuka ke-60
Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-60 di Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Maluku Barat Daya dilaksanakan dengan penuh sederhana
A A A
TIAKUR - Tiakur--Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-60 di Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Maluku Barat Daya dilaksanakan dengan penuh sederhana. Ini mengingat kondisi Kabupaten Maluku Barat Daya yang masih berada pada PPKM Level 3, sehingga upacara hanya diikuti Pengurus Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Maluku Barat Daya.

Bertempat di Ruang Serbaguna, Tiakur, Sabtu (14/8/2021), kegiatan ini dipimpin oleh Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Th. Noach sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Maluku Barat Daya. Kegiatan juga diikuti Ketua DPRD Kabupaten Maluku Barat Daya Petrus A. Tunay, Wakil Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya Agustinus L. Kilikily, Sekretaris Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya A. Siamiloy, dan Relly A. Noach serta Elen. Bebena yang tergabung dalam Anggota Mabicab Gerakan Pramuka Maluku Barat Daya serta Kabag Sumda Polres Maluku Barat Daya.

Dalam arahannya, Ketua Mabicab mengatakan, peringatan Hari Pramuka yang ke-60 merupakan wujud dari rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat dan berkah persatuan dalam wadah tunggal Gerakan Pramuka.

“Peringatan Hari Pramuka saat ini dengan tema 'Pramuka Berbakti Tanpa Henti' dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional. Sejalan dengan itu maka kita harus disiplin menahan diri, prihatin dan berusaha membantu menanggulangi pandemi tersebut,” kata Kamabicab.

Gerakan pramuka memang bukan organisasi bantuan sosial, kata Mabicab, namun sebagaimana disebutkan dalam kode kehormatan berupa Satya dan Dharma Pramuka, Pramuka tetap menunjukkan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan oleh karenanya pada peringatan tahun ini juga ditandai dengan menetapkan bulan Agustus sebagai Bulan Bakti Pramuka.

"Hal ini bukan berarti pada bulan-bulan lainnya Pramuka tidak mengadakan kegiatan bakti kepada masyarakat, namun khusus pada Agustus semua kegiatan bakti tersebut ditingkatkan, dilipatgandakan dan dimasifkan," katanya.

Dalam kesempatan ini juga dia menginstrusikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Barat Daya untuk menegaskan kepada setiap kepala sekolah untuk segera mengaktifkan Gugus Depan Pramuka pada setiap tingkatan pendidikan. Hal tersebut sebagai wadah pembinaan generasi muda yang adalah generasi emas Indonesia di masa yang akan datang.

“Saya mengajak kakak-kakak dan adik-adik untuk terus berkegiatan kepramukaan, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Salurkan kreativitas kakak-kakak dan adik-adik dengan membuat kegiatan kepramukaan yang tidak melanggar protokol kesehatan namun tetap dapat diikuti dengan riang gembira," tutur Ketua Mabicab.

Th Noach mengajak untuk memperingati 60 tahun Gerakan Pramuka dengan tetap bersemangat, tetap berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan, dan tetap berusaha membantu mereka yang memerlukan pertolongan.

"Jangan menyerah serta berputus asa. Melainkan kita tunjukan bahwa pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti, kata Ketua Mabicab diakhir arahannya," ucapnya. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)