Melukis Wajah Bung Karno di Toyota Hardtop, Cara Warga Blitar Rayakan HUT Ke-76 RI

Selasa, 17 Agustus 2021 - 20:15 WIB
loading...
Melukis Wajah Bung Karno di Toyota Hardtop, Cara Warga Blitar Rayakan HUT Ke-76 RI
Perupa Soni Yuliono saat mengerjakan lukisan di atas permukaan kanvas Toyota Hardtop 1981 dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-76. Foto/SINDOnews/Solichan Arif
A A A
BLITAR - Dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-76, sebuah mobil jeep Toyota Hard Top land cruiser dilukis dengan tema kebangsaan di Istana Gebang, Kota Blitar, Jawa Timur.

Melalui sentuhan tangan perupa Soni Yuliono (48), kanvas atau terpal land cruiser yang polos akan diisi dengan lukisan wajah Bung Karno, wajah Syodanco Soeprijadi, sang saka merah putih serta Candi Penataran. Mobil keluaran tahun 1981 tersebut merupakan koleksi Komandan Kodim 0808 Blitar Letkol Inf Didin Nasrudin D.

Rencananya, lukisan tersebut akan langsung dilelang. "Hasil lelang akan didonasikan untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak pandemi," ujar Didin kepada wartawan Selasa (17/8/2021).

Tepat di depan bangunan utama Istana Gebang, jeep warna green apple itu, diparkir. Toyota Hardtop tahun 1981 memiliki enam silinder. Dengan kode mesin 2F, CC sebesar 4.230 serta sistem pengapian CDI dengan enam busi, jeep hardtop keluaran terakhir itu menjadi salah satu mobil klasik yang paling dicari kolektor.

Baca juga: KH Munasir, Mantan Heiho Komandan Batalyon 39 Tjondromowo yang Bikin Belanda Ciut

Suasana rumah masa kecil Bung Karno yang biasanya sepi karena tidak menerima kunjungan wisatawan (selama PPKM), seketika ramai. Cara unik mengekspresikan HUT RI ke-76 tersebut, mengundang perhatian warga sekitar.

Baca juga: Naskah Proklamasi Hanya Ditandatangani Soekarno dan Hatta, Begini Kisahnya

Soni Yuliono, perupa Blitar yang pada tahun 2014 pernah memecahkan rekor MURI dengan lukisan Bung Karno berukuran raksasa, mempersilahkan Didin memulai goresannya. Sapuan kuas dari cat arklirik warna merah dan putih mengawali lukisan bendera saka merah putih.

"Di moment hari kemerdekaan ini kita berkolaborasi dengan seniman dan komunitas," terang Didin. Di lokasi juga terlihat hadir Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso. Sambil menunggu lukisan jadi, harga lelang dibuka dengan kisaran angka Rp 25 juta.

Masa lelang terus berjalan sampai lukisan betul-betul jadi dan siap dilepas. "Pokoknya diselesaikan dulu lukisannya sampai benar-benar pantes," kata Didin. Wabup Blitar Rahmat Santoso yang juga Ketua Pembina Hardtop Blitar mengaku gembira.

Sebagai penggemar Toyota Hardtop, ia mengakui kendaraan yang dilukis di Istana Gebang tersebut kategori mobil langka. Apalagi hasil lelang lukisan tersebut, nantinya akan didonasikan untuk warga Kabupaten Blitar yang terdampak pandemi COVID-19.

"Sebagai Ketua Pembina Hatdtop Blitar, saya gembira. Hardtop kanvas kategori mobil langka," kata Rahmat. Terkait lelang yang dibuka dengan angka Rp 25 juta, secara implisit Rahmat mengisyaratkan berminat. Dengan nada canda ia mengatakan tertarik sekalian dengan mobilnya.

"Gak papa kalau dengan sekalian mobilnya," pungkas Rahmat. Sementara perupa Soni Yuliono mengatakan, melukis di atas kanvas mobil hardtop adalah pengalaman baru. Karakter kanvas terpal hardtop yang lebih kasar, membuat proses pengerjaan lebih sulit.

Cat arklirik yang dibutuhkan, kata Soni, menjadi lebih banyak. "Selesai paling cepat sekitar 2-3 hari," ujar Soni yang pernah melukis 114 karakter Bung Karno di atas kain sepanjang 114 meter.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)