Masih Ditutup karena PPKM Level 4, Kawasan Wisata Lembang Sepi Pengunjung

Rabu, 11 Agustus 2021 - 19:00 WIB
loading...
Masih Ditutup karena PPKM Level 4, Kawasan Wisata Lembang Sepi Pengunjung
Kawasan wisata di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) tampak sepi akibat masih ditutup dan belum bisa menerima kunjungan wisatawan imbas dari PPKM Level 4 yang kembali diperpanjang hingga 16 Agustus 2021. Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Hari libur Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriyah yang digeser dari Selasa (10/8/2021) menjadi Rabu (11/8/2021) ini tidak berdampak kepada objek wisata dan hotel di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Pasalnya di masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 sepekan ke depan, semua objek wisata di KBB masih tutup atau belum bisa menerima kunjungan wisatawan.

"Kami masih tutup, belum bisa menerima kunjungan wisatawan. Apalagi PPKM Level 4 juga kan masih diperpanjang," kata GM Restoran Kampung Daun Culture Gallery & Cafe, Ari Hermanto, Rabu (11/8/2021).

Baca juga:Sindikat Perdagangan Gadis di Bawah Umur Dibongkar, Dijual Rp300 Ribu Sekali Kencan

Ari mengaku, kondisi itu cukup berat mengingat sejak PPKM darurat tanggal 3 Juli 2021 tempatnya sudah tutup menerima kunjungan tamu. Alhasil sekitar 100 karyawannya terpaksa dirumahkan sementara, sedangkan yang masih bisa dilayani hanya untuk drive in (makan di mobil) sama take away.

"Inginnya sih ada kebijakan khusus untuk pelaku wisata minimal boleh buka 25% dari kapasitas dan prokes lebih ketat. Tapi kalo ini demi kebaikan bersama, kita yah harus support," tuturnya.

Sementara itu, meskipun dalam keadaan sepi pengunjung salah satu hotel di Lembang tetap melakukan perawatan harian. Hal itu dilakukan untuk tetap siap sedia jika ada kebijakan baru dari pemerintah bagai pengusaha pariwisata dan perhotelan yang kembali boleh buka.

"Selama pemberlakuan PPKM tak ada tamu seorang pun yang menginap di kami. Sebagian karyawan harus dirumahkan, sebab tak mampu membayar gaji karena tidak ada pendapatan," kata Pengelola Hotel Augusta Lembang, Dian Darmawan.

Menurutnya, jika PPKM tidak diperpanjang pihaknya sudah siap menerima tamu dari luar. Protokol kesehatan yang ketat pastinya akan diterapkan kepada tamu yang datang untuk mencegah penularan COVID-19. Seluruh karyawannya juga sudah mendapatkan vaksinasi, sehingga itu akan membuat tamu jadi lebih nyaman.

"Karyawan kita sudah divaksin jadi lebih aman dalam memberikan pelayanan, nantinya juga kalau ada tamu berharap mereka juga sudah divaksin jadi memberikan rasa aman kepada semua di sini," pungkasnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)